pentingnya mengatur finansial! (baru menyadari setelah pandemi kah)

Si covid-19 ini memang bener-bener menyadari kita bahwa kita itu hanyalah orang yang hidup di dunia, cie:
1. Sehat itu segalanya
2. Kerja itu sementara
3. Uang itu bisa habis
4. Ikhtiar itu penting
dan lain sebagainya ..

Terutama soal duit ya, banyak banget yang sebenernya golongan kaya atau middle jadi gak save pekerjaannya, tiba-tiba PHK dirumahkan bangkrut dan lain-lainnya termasuk saya cuti sampai mungkin pertengahan Juli atau entah bagaimana. Alhamdulilah karena berusaha selalu mengatur finansial dan beberapa pekerjaan freelance, untuk saat ini saya masih aman. Kemarin sempet viral yang punya gaji 50 juta lah 20 juta lah dsb karena company problem mereka cuma digaji half of it dan mendadak miskin karena KPR dan Kredit Kendaraan yang nominalnya gila-gilaan, meski katanya sih beberapa bank memberi keringanan untuk pembayaran kredit tapi kenyataannya tidak tau karena saya tidak punya kredit tanggungan saat ini.

Padahal yang bener-bener gak punya penghasilan juga banyak sih dan pada ribut juga soal bantuan donasi yang tidak merata. Gak sedikit artis juga yang komplen sepi job dan butuh uang untuk biaya hidup atau cicilan yang harus dibayar. Sekarang semua sadar apalah arti tas hermes, sepatu adidas, emas ratusan gram, hp iphone terbaru dan lain-lain kalau kita tidak mampu mengatur finansial itu sendiri.

Kayanya udah bosen ya semenjak 3 atau 4 tahun lalu saya memutuskan untuk tidak mengambil KPR atau kredit apapun karena memang secara income tidak mampu dan bener aja situasi pandemi seperti ini tidak ada yang dapat prediksi. Saya memang ada hutang kendaraan tapi masih bisa dinegosiasikan, alhamdulilah yeahh.

Kalau kerja memang separuh income pasti selalu masuk tabungan dulu, entah ya nanti buat apa gak tau, atau buat happines in the world. Kalau dapat bonus juga sama sebagian besar masuk kantong dulu baru nanti kalau mau beli apa sebagai treat saya pasti akan belanja. Makanya orang-orang saya pelit amat sih, hp kok butut banget haha, sepatu kok kw dan banyak lainnya. Tapi duit gw ditabung coy.

Sebenernya sih kalau anda single dan masih tinggal dgn ortu dan tidak punya tanggungan, anda itu sudah kaya loh apalagi kalau lulus kuliah setidaknya bisa mengangkat sedikit degree meski sekarang mah skill yang dipakai ya, setidaknya anda digaji mendekati atau sesuai dengan UMK, anda itu kaya loh.

Dari dulu kalau menerima pekerjaan saya selalu hitung-hitungan:
 Ongkos berapa *berhubung naik angkot +  Makan siang berapa

dilebihin sedikit buat jajan.

Berikutnya adalah: 
1. butuh uang berapa untuk beli sabun bedak minyak wangi dll
2. uang pulsa kuota ya sekarang penting kudu eksis, sebelum kerja sebelum makan post dulu di IG
3. uang hiburan, nonton makan di cafe
4. uang beli baju *kalau cewe

Alokasikan untuk tabungan di awal bukan sisanya. Contoh gaji 3 juta

1. Ongkos 20 hari kerja: 400rb
2. Ongkos maksi irit: 20x20 rb = 400rb
3. Pulsa kuota butuh berapa ya 150rb
4. Belanja sabun dll: 300rb (pake biore, maybelline aja jangan body shop atau MAC)
5. Beli baju berapa sih kalau gw beli barang paling mahal 200rb haha
6. Uang hiburan 100rbx4 wiken= 400 rb

Total 1,850 dilebihin 150 jadi anggap aja pengeluaran kamu 2 juta.
Kelebihan kamu 1 juta loh karena kamu gak punya tanggungan, Ok kan gw pengen pesen go food, masa sekali hang out 100rb dimana itu di warteg lol, ok kamu bisa nabung awal 500 rb aja dulu di awal, 500rb pegangan karena ada emergency lain loh kaya kalau sakit, dicover kantor gak, atau kaya sakit gigi ditambal atau hal lain ya. Saya sih emang dipikirin segitunya. Jadi gajian tuh bukan ambil ambil bayar bayar aja.

Lain soal kalau udah beranak ya memang akan banyak sekali pengeluaran tak terduga tapi masih suka heran sih pegawai BUMN masih komplen listrik naik, biaya vaksin yang gak direimburse. Apa kabar gw ya selama 4 tahun biaya vaksin faya dari uang gaji semua, kemarin dia perawatan dokter gigi abis mungkin lebih dari 5 jt ya udah lah emang gw kerja buat itu kok. Sementara yang lain pake branded dari hijab sampe sepatu. I am not saying you can't luxury yourself. Tiap orang beda-beda interest, hobby dan keinginannya kok tapi harus prioritas.

Nabung penting ya, gak bisa nabung? debit otomatis aja, gak usah banyak-banyak cukup 100 ribu sebulan, setahun dapet 1,2 juta. Saya menerapkan ini dari 2012 dan tiap tahun dapat bisa beli treat untuk diri sendiri juga. Ayo melek finansial karena basically anda hidup sendiri dan menghidupi keluarga.

Comments