Cara mendaftar SD Negeri (Bandung) melalui website disdik

Loh ngapain daftar ke negeri kan udah daftar swasta? Yap saya ingin tau bagaimana caranya dan tidak terlalu ribet.  Kalau tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran sekolah terutama SD dilakukan langsung di SDN yang dituju, langsung datang dan mengantri di sekolahnya. Namun karena tahun ini ada pandemi, maka pihak sekolah membantu orang tua untuk pendaftaran di web atau aplikasi tapi bisa juga dilakukan sendiri seperti saya. #sekolahbandung

Untuk update berita silahkan follow instagram disdikbdg.

Pertama anda harus menyiapkan scan dokumen:

1. Akte Kelahiran Anak
2. Kartu Keluarga
3. KTP Ayah/ Ibu

Bentuk nya jpg atau pdf, lalu berikutnya masuk ke website ini:

Isi data yang sesuai lalu verifikasi email. Setelah selesai baru login ke website nya untuk melengkapi data pribadi sesuai akte dan KK, unggah scan doc yang tadi sudah disiapkan, kemudian masukkan alamat sesuai titik koordinat (akan ada peta sesuai kota nanti tinggal diklik saja arah panahnya). Jika menggunakan jalur khusus atau pindahan karena tugas orang tua (misal PNS) ada dokumen surat yang harus diupload. Karena waktu pendaftaran dan pemilihan sekolah diberikan jeda kalau gak salah kemarin hampir 3 minggu maka setelah penginputan data selesai, di-save atau disimpan terlebih dahulu.

Ok jadi untuk tahun ini

11 mei sd 13 juni adalah waktu pendaftaran di web
22 sd 26 juni adalah pemilihan sekolah (namun kemarin juga ada eror, baru bisa pilih sekolah mungkin malam hari karena saya cek di pagi hari tadi baru bisa)
29 juni pengumuman
1-2 juli daftar ulang ke sekolah

Nah karena rumah saya perbatasan kabupaten, ada 3 sekolah yang dekat rumah:
1. SDN Kopo Permai
2. SDN Sukamenak
3 SDN Bojongloa

Namun tadi pagi yang muncul paling dekat yaitu Zonasi D yaitu SDN Kopo Elok, jadi ya saya pilih itu. Nanti saya update ya setelah dapat pengumuman.

Ok jadi tgl 25 juni hari ini ada pengumuman hasil tapi belum final ya bisa bergeser, bisa lihat di sini

Awalnya faya masuk tapi karena umur nya pas 6.5 dan jarak juga agak jauh jadi gagal hehe .. sekian pengalaman saya kali ini semoga bermanfaat.

Comments