Belajar di Rumah (BDR) #stillinthetimeofcovid19

 Aloha semua, bagaimana nih ibu ibu bapak bapak haha .. bagaimana apanya, pusing ye mikirin kehidupan, yang pasti alhamdulilah kehidupan per-privat-an lancar hingga bulan depan, doakan saya kaka dan yang mau les hayu atuh jangan ragu tunggu apa lagi, biaya nya cukup murah dengan materi yang baik (ceuk saya haha), banyak bonusnya, ada zoom class juga pokoknya inshallah tidak akan mengecewakan :D #sekolahbandung

Anyway kasian amat generasi covid ini ya yg sekolah terutama, penyakit ya krisis ya lockdown argh, these will be written in the history book pokoknya mah, termasuk faya ya dimana kudunya Juli kemarin masuk SD pake seragam merah putih yah tapi kudu onlen, gpp lah tantangan baru. Sebenernya kalau saya mau mendampingi anak SD SMP SMA  level berapapun hayu aja, sekarang akses internet mudah bisa gugel dengan gampang, teu kudu meser buku ka palasari, teu kudu ka perpus.. tinggal ka gugel hehe tapi MASALAHNYA adalah mood anak yang di mana kalau di rumah ya santai, ya main ya males itu lah yang bikin pusing.

Jadi saya pokoknya alhamdulilah banget gak jadi masuk AA36 yang akademis bergengsi itu karena kalau iya pasti akan lebih pusing belajarnya, seharian zoom bla bla, FYI anak seharian dikasih zoom juga mabok, kalau kata Pak Hasan, Guru tidak perlu memindahkan kelas tatap muka ke rumah, belum lagi kasian yang ortu nya kerja jadi kaya kelas karyawan karena kudu catch up di malam hari, yang gak punya hp memadai, yang gak punya wifi kudu mese kuota jabaning tsel mah mehong dll dll.

Nah jadi kalau SD faya memang awal juga guru masih cari cara yang pas gimana supaya anak tetep bisa mendengarkan guru dan melihat teman-temannya tapi juga durasinya tidak terlalu lama. Untuk pelajaran Faya standar SD di Indonesia kebanyakan:

1. Tematik

2. Bahasa Sunda

3. Pend. Lingk Hidup (belajar kebersihan, dll hehe)

4. Pend. Agama Islam

Tambahan pelajaran: Bhs Ing, Seni Budaya, Iqro, Komputer/ TIK

Jadwal; Zoom class seminggu 2x kurang lebih 60 sd 90 menit (kalau lama biasanya sekalian ada guru agama/ English untuk review pelajaran), tugas/ modul sehari ada 2 lembar halaman kerja untuk tematik, buku menggunakan buku BOS karena tdk ada uang buku (alhamdulilah sama aja kok yang penting guru menjelaskan ke siswanya), sesi video call wali kelas untuk cek baca dan tulis karena masih kelas satu ya, untuk yang sama sekali belum bisa baca tulis ada home visit kelompok tapi karena materinya masih gampang ciee jadi saya gak mengajukan home visit.

Apalagi ya sisanya ya tugas mandiri, sejauh ini belum aneh-aneh dan memberatkan, masih masuk akal haha. Nah tentunya saya kasih kegiatan tambahan dong dia mah kalau mengandalkan dari sekolah wis bablas aja, kemarin gak enak badan 3 hari kasih keringanan, tulisan langsung acakadut wkwkw.

screening time

lagi rajin

Faya sched:

07.00 Stand by absen grup di WA, kalau ada sesi zoom biasanya saya suruh tulis dulu atau motorik halus, awalnya saya suruh salin kalimat buku cerita tapi doi bete wkwkw. Ya udah jadi kudu bervariasi ya:

- Salin buku cerita

- Salin dari video you tube

- Mewarnai gunting tempel pola binatang dll

Kalau masih ada waktu saya lihat buku tematik atau pel lainnya lagi bahas tema apa dan cari di you tube dengan durasi video 2 atau 3 menit, maks 5 menit ya jangan yang terlalu panjang, gak akan fokus soalnya, banyak kok, tinggal ketik aja, misal Tematik Kelas 1 SD tentang perbedaan karakter atau Bahasa Sunda kelas 1 bagian awak, dll. Karena sehari 2 mapel jadi cari 2 video aja.

08.00 Zoom Class dari bu guru

09.00 Mengerjakan modul/ tugas/ baca paragraf dari buku tematik

09.30 Nonton TVRI, meskipun kadang jadwalnya kelas besar tapi kalau pelajaran IPA atau budaya seru juga loh lumayan, saya suruh paksa aja nonton meski kadang sambil kaditu kadieu.

(Diantara jam 8.30/9 biasanya suruh break, hanya main lego atau main sepeda karena pengalaman april kemarin PJJ TK ampun penuh dengan drama korea meski sekarang oge masih wkwkw)

-- Sudah selesai deh dari sekolah ya, dia boleh main yang lain, masih demen main boneka, masak-masakan, blocks, dll -- Lanjut

lelah sangat kehidupan belajar wkwkw ai maen mah bisa seharian

Ada beberapa hari setelah solat Dzuhur, dia les ngaji, les calistung, sama tambahan English sama eike haha malu dong mamaknya ngajar English anaknya tidaks, cukup satu jam saja.

Oh iya sistem belajar faya masih rada manual: tiap senin ambil dan kumpulin tugas, instruksi semua di wa grup ke wali kelas aja, beberapa materi ada yang dikirim di grup, face time pake zoom dan wa video call, video ada youtube, ada manual bu guru record sendiri, ada voice note, alhamdulilah ya terima kasih atas effort nya bu guru. Gak pake google classroom menurut saya segini sudah lumayan cukup. Tinggal kita ortunya mau nambah kegiatan tinggal mbah gugelllll ...

Jadi moms, tolong jangan ngandelin guru ya karena guru juga pusing dengan situasi ini, mendadak semua jadi ucuber termasuk aqyu haha, subscribe ya channel Ms. Puti Manira haha. Tapi kita berhak sebagai ortu untuk meminta guru meluangkan waktu jika ada pelajaran yang susah dan minta dijelaskan, pasti guru mau kok, pertama WA beliau, maaf pak bu ini pelajaran matematika ( yang biasanya susah ya haha) tentang pecahan anaknya susah mengerti, apa bersedia saya video call 20 menit kurang lebih untuk menjelaskan, kira-kira kapan waktu kosong.

Begitu loh para ortu, kalau kita banyak kuota kita yang nelp gurunya, kalau enggak kita kasih kuota ibarat 25rb pun lumayan. Kalau guru susah atau sibuk dan kita banyak uang, les in aja biar gak pusing kita nya gak emosi jiwa raga dan lainnya, kasih rejeki juga buat para guru les.

Sekian dulu sharingnya, persiapan latihan ulangan karena minggu ke 3 September kemungkinan sudah ulangan haha wadiwaw deh ..




Comments