Ability to adapt and survive

 Apa kabar, udah bosen haha, jangan lah ya, pandemi gimana? Gak usah ditanya deh yang pasti saya berusaha untuk di rumah karena teuteup bokek hehe. Cuma memang kepikiran untuk staycation duh mak pertahanan lemah, let's see inshallah bismillah.

Anyway mau curcol, biasa lah apalagi .. gimana nih ibu-ibu yang sedang survey SD, mungkin ada beberapa yang santai ya karena pandemi atau malah pilih homeschooling sekalian. Tapi ya tetep pusing ya kan hehe. Sudah mulai banyak juga ya info biaya terutama di Urban Mama lumayan lengkap tuh beberapa kota besar bahkan ada di LN juga.

Nah kan biasa nih ibu-ibu juga share kan, survey SD Swasta tuh apa aja yang kudu digali di sebuah sekolah, ya ofcors aku pun ikutan dan me reply 10 kriteria haha yang intinya adalah:

Jenis sekolah mau kaya apa dan sesuaikan dengan anak (lihat kemampuan/ adaptasi/ dll selama TK), budget nya pasti kecuali andah Nia Bakrie hehe karena kita sekolah sampai selesai S1 umur 22, lokasi, fasilitas dan uang tahunan apalagi pandemi skrg gak akan ada kegiatan di luar sekolah.

Pertimbangan baru adalah sistem online nya bagaimana karena denger-denger nih di sekolah bagus aja emang ada zoom tapi too much, lalu guru juga kurang menjelaskan karena gak semua ortu kan ngerti ya matematika, ya English dll. Emang online gini, anak sekolah bergantung pisan sama ortu kalau ada berlebih ya bisa les tambahan lumayan juga bagi2 rejeki buat ms mr nya hehe. Taun kemarin pertimbanganku apa?

Gaya hidup aka lifestyle, loh why? Sekolah bagus di Indonesia itu identik mahal, sekolah mahal itu diisi oleh orang-orang kaya, which means, brand, minimal anak sepatu tas nya bagus dong, plus jam tangan sekarang mah plus apa deh mainan juga kadang ada aja anak yg bawa 😒 kemudian apa lagi efek nya, BULLY, "eh kamu jangan main sama kita ya kan gak pake jam imoo atau jam nya kw ih", gusti pusing kan. Mungkin kalau level SMP SMA anak juga udah agak kebal lah ya tapi mun SD keneh mah atuh euy dan kejadian juga di TK 😪 which is pengalaman pribadi anak saya. Satu lagi biasanya banyak event/ kegiatan di luar plus acara ultah lah, playdate lah apa lah, trus anaknya gak ikut juga berasa dikucilkan, another thing.

Ternyata banyak juga ibu-ibu yang lebih detail bahkan sampe punya 50 lebih pertanyaan hehehe, contoh jarak kamar mandi nya gimana?, ada kolam renang gak? *kynya di jakarta aja ya, eh ada deh Smarts Steps, tapi kolam kecil anak-anak 😁, yg lainnya jenis toilet atau wastafel kudu ramah anak, aturan di kelas makan minum tapi penting sih kata gue, katering pake ahli gizi, dll banyak hehe.

Nah kalau personal opinion jangan terlalu detail juga, ya ortu pasti ingin yang terbaik tapi kita kudu mikir yang namanya ability to adapt and survive ... jangan lupa itu karena dunia itu kejam Ferguso 😂, kalau kita terlalu buat lingkungan yang safe juga gak baik buat anak, contoh saudara saya, ada gejala autis, ortu jadi over protektif, sampe gak pernah ke mall, alhasil sampe SMP SMA anak depend banget sama emaknya. Karena eventually orang akan hidup sendiri, mati pun sendiri. Tumben nih wise banget 😃, saya juga kenal beberapa orang yang sampai usia 30th lebih kurang survive bergantung ortu, meski orang asia/ indonesia typicall nya gitu ya beda sama bule. Pas kuliah udah ditendang dari rumah. Saya pun masih numpang tinggal karena tak mampu hehehe *peace*.

Sama sih kaya bully ringan juga, saya sakit hati pasti cuma bully akan terjadi dimanapun kapanpun, anak kudu kuat aka strong. Balik lagi ke urusan biaya SD, kan sekolah mahal bu, kalau salah pilih rugi dong. Iya betul memang, saya kenal 2 ortu ya, yang memindahkan anaknya sekolah dalam satu tahun dimana kedua sekolahnya sampe belasan puluhan juta. I am crying out loud. Memang jangan salah pilih tapi kalau terlalu detail juga yaaaa ... biasanya sih ada harga ada fasilitas, dan tanya kan kepada ortu yang anaknya udah sekolah di sana, komen yang jujur kalau dari admin kan pasti yang bagus-bagus dong hehehe.

Kaya skul faya sekarang, monmaap guru nya udah lumayan sepuh nih tapi salut karena bisa pakai zoom memang aturan sekolah tapi suka ada aja ortu yang ehem ehem, which is sebenernya kalau protes sih gpp cuma semenjak diriku ngajar lagi kalau protes bahasanya sangat sangatttt halussssss takut tersungging.

Satu lagi dalam pikiran saya, ortu yang gak pernah marah itu hebat, bapa ku aja gualak banget, nurun ke diriku yang galak ke anak, kadang emang terlalu galak, maap ya babypie hahaha. Tapi kalau anak belum pernah kena marah even the softest way, gimana cara dia handle bos galak suatu saat nanti. Aku pun yang digalakin teuteup baper dong. Banyak memang yang wise menghadapi hidup nantinya tapi kalau jadinya sensi banget malah jadi gak pede itu gimana hehe. Terlalu banyak pikiran emang mamak mamak 😄

Comments