Aturan belajar & online school

Jadi kumaha atuh onlen skul teh haha, ambyar udah mau akhir taun untung sebentar lagi PAS alias Penilaian Akhir Semester, untung kelas 1 jadi belum hese teuing. Lalu bagaimana nasib kita di bulan Januari 2020 :D, antara pengen nangis dan ketawa dan marah marah sama orang tapi gimana ya pusing liat kemarin kedatangan seorang .... (isi sendiri) pendukungnya udah melebihi apa lalu besok besok keukeuh mau reuni cenah, et dah pak, corona ini coronceu, suntik sinovac dulu dah sana. 😂😂😂

Anyway saya mau share soal belajar di rumah si faya papaya, masih failed sih sejujurnya haha karena ku hanya manusia biasa. Salut deh buat mamak-mamak yang successfull atau yang sudah adopt home schooling sejak lama. Tapi kebanyakan anak kaya gini emang, kenapa ya, apa karena generasi mereka generasi enak ya, makan foodcourt, mainan rupa rupi, gadget generation, sering ke playground mall dari orok. Jadi 5 tahun pertama konsepnya adalah bermain enak dan praktis. Memang bermain itu sangat penting supaya wareg, bandingkan dengan tahun 70/90 an, jaman babeh, main di sungai, kucing-kucingan, bener-bener aktifitas fisik. Jaman akyu, mix, fisik dan generasi tv, tapi masih aman sih gak terlalu banyak mainan sophis. Dan saya menyadari bahwa rata-rata ortu ngasih mainan gak sesuai umur, jadi apa anak bosen. Mainan anak 5 tahun dikasih pas 2 tahun, anak bayi dikasih barbie. Makanya makin jarang anak SD main barbie apalagi udah kelas 4 ke atas, asa udah gede, lagu BTS, gadget ya tiktok2an. Jadi pengaruhnya apa lagi, males belajar. Udah mah hese kurikulumna.

Jadi bagaimana sistem online school setelah hampir satu semester ini, alhamdulilah sih pas untuk anak kaya si faya hehe.

1. Sistem Zoom, minimal seminggu sekali, jadwal rutin dua kali setiap senin rabu, kecuali ada tambahan zoom Olahraga onlen 😂, Komputer, Agama dan Tari which is gak weekly.

Sesi zoom nya juga singkat kecuali tersendat sinyal ya hahaha, indihome teh da udah tau overload, naikin kek bandwith nya haha, atau harga naik dikit gpp lah tapi stabil, kan gue gak bisa netflix 😜. Guru kelas menjelaskan materi dan tugas. Menurut pengalaman saya 5 bulan ini secara intensif online, sesi zoom untuk anak sd kelas 3 itu maksimal satu jam diberikan jeda. Bosen, banyak melamun, distract apalagi anak yang kurang bisa duduk manis.

2. Video call biasanya untuk tes baca/ nulis. Awal-awal masuk rutin sih, karena banyak di sesi zoom jadi vc jarang. 

3. Materi: rangkuman dari bu guru, video, power point, voice note

4. Tugas: 90% dari buku tematik versi pemerintah

Cukup ideal ya, untuk ulangan pakai google form.

Untuk faya fokus saat ini di tematik dulu karena emang yang paling utama, kalau PLH slow aja karena percuma tahu tentang buang sampah di tempatnya tapi kenyataannya kebalikannya *idealis banget 😁, Agama diutamakan rajin salat dan bisa ngaji, Sunda pemahamannya untuk tahu sebagai orang sunda karena susah materinya, sisanya ya ngikutin aja. English pun akyu tak paksa nanti kalau udah normal di les-in lagi.

Bagaimana dengan aturan belajar haha biasa aja kok sist gak gimana gimana banget.

1. Karena memang dari sekolahnya dianjurkan jam 7 pagi udah siap sedia seperti layaknya sekolah maka faya pun begitu, dia bangun sih jam 5.30 an hehe mandi makan baru solat subuh hehe, jangan dicontoh, anaknya hese sakitu oge uyuhan.

2. Jam 7 absen voice note, biasanya saya suka kasih soal// baca buku cerita// review buku tema, kalau lagi mau, kalau enggak, rebahan aja karena materi dikasih jam 8 pagi. Kalau ada sesi zoom, ngerjain tugas biasanya mulai jam 9.

3. Dia kudunya beres tugas itu jam 10 ya cuma kalau pake drama bisa sampe jam 11 😁😁😁, siang hari biasanya bu guru baru kasih tugas tambahan English/ Komputer/ Tari, dikerjakan sesuai mood kalau mau ya langsung kalau enggak agak sore supaya gak maboks teuing.

4. Jadwal les: Senin Rabu Calistung jam 2, Selasa Ngaji jam 11. Kudunya tiap hari dia ada tambahan either English atau Ngaji tapi karena anaknya gampang maboks 😂 jadi menurut saya 3 hari juga cukup sehingga di kamisnya dia sudah agak santai apalagi jumat bebas. Kamis/ Jumat saya minta hapalan surat pendek mandiri pakai aplikasi di hp, diulang-ulang supaya gak lupa. Untuk English saya beli buku Erlangga, video youtube dan mengerjakan soal mandiri, masih seputar vocab aja kok belajarnya.

Kok di les in? Gak efektif bookkk 😂, dia merasa main-main belajar dengan ku, sambil bermain rada gak napel, daripada menambah efek negatif dalam kesehatan jiwa ya kan, Kalau English baru boleh deh.

5. HP: saya kasih dia maen HP Jumat siang setelah tugas beres, dan wiken kalau hari lain dia belajarnya excellent no drama which is jarang terjadi baru kukasih dia maen HP di kamis siang sekejap saja. HP nya pun hanya ada 2 games (watir) Baby Bus & Barbie Home Decor gitu lah aku tak ngerti, kakaknya yang suggest haha. Sisanya aplikasi baca, tulis, ngaji, dan English.

Kasih gadget umur berapa? Dulu pas 3,5 tahun pernah iseng2 buka Talking Cat macem gitu lah but no interest trus pas mau 5 tahun dipinjem IPAD sama ntn Utube Kids dijatah tapi teuteup kan addictive. Nah pas pandemi kemarin bulan Mei ada HP Xiaomi yang tadinya mau kupake tapi gak masuk memory card nya ya udah dipakai faya aja karena watir juga sih tiap kakaknya dateng maen, doi cuma cengo aja sementara kakanya mah expert di gadget 😂.

Menurut saya kelas 1 udah bisa dikasih HP dibatas ya karena mereka terlahir di generasi gadget, mau gak mau, yang penting waktunya diatur, lah kita aja yang tua gak lepas dari HP kan. Dia juga udah belajar cara WA sama siapa, sepupunya lah wkwkw.

Tapi saya gak kasih UTUBE karena memang adiktif, aku pun adiktif, Utube hanya sesekali aja untuk video edukasi dan reward kalau memang dia very nice, ku kasih kartun Mickey Mouse. Alhamdulilah gak kena paparan si keju ricis atau keluarga halalili

6. TV: sama kaya HP, karena dia suka nonton si baby Kiano cilok bulet hihi, peace, lucu jadi kamis dibolehin nonton Baim Wong tapi kalau gak ada Kiano dia gak mau nonton, hari biasa kadang dia nonton korea my dad superman gitu kalau mau, karena emang lucu sih. Kadang nonton bear di net tv siang tapi lagi bosen juga kayanya. Sabtu Minggu bebas, karena emang jarang kartun bagus, dia paling nonton doraemon dan hatori 😂. Demennya apa acara Masak Chef Martin, Master Chef sama kuliner si Incess haha. That's it.

Why? 2 3 tahun lalu itu dia nonton Upin, Tayo dan Spongebob ketagihan karena emang tayang nya gak nanggung sampe 3 jam ye kan udah kaya pelem india aja deh. Makanya saya blok GTV, MNC, RTV, kasian nak, karena emang belum bisa ngontrol main hp dan nonton jadi kudu diatur.

Apalagi ya kalau main mainan sih bebas, selesai tugas dia main apa aja bebas, karena anaknya juga bosenan yang ada di area main belajar dia cuma: lego, blocks, masak2an, dan boneka. Sisanya masuk lemari, kalau mau main baru dikeluarin.

Sekian dan terima kasih.

Comments