rejeki itu harus dijemput// earth is still struggling

Beberapa waktu lalu saya baca postingan blogger, dia aktif di event gereja tiap minggu dan sering bagi-bagi makanan dll. Banyak orang juga yang malas karena terbiasa dibantu dan terkesan jadi keenakan sampe sering banget orang macem gini ..

Pinjem duit dong .. atau ngomong lain yang intinya pengen dibantu!

Lalu kata blogger itu, rejeki itu harus dijemput. Anda tidak bisa duduk manis tiba-tiba dapet duit 1M (emangnya Baim Wong lewat depan rumah lu tiap hari, LOL, if you know what I mean). Saya setuju banget, banyak banget orang yang terlalu santai (ini mah kejadian di rumah sendiri, LOL) jadi malah berprinsip, rejeki itu sudah diatur, sabar aja, kerja susah bla bla. Makan tuh sabar hahaha. Kalau prinsip saya sih, saya mau mencoba peluang, saya ambil resiko namun memang jika sulit saya tidak mau memaksakan diri karena kerja juga harus hepi.

Jika sudah punya penghasilan, NABUNG! Investasi. Jika ingin sesuatu, usaha untuk menabung jangan ngutang. Kalau sudah terlanjur ngutang, BELAJAR FINANCIAL BASIC, atur penghasilan sedemikian rupa. Memang tidak menutup kemungkinan bahwa kita hidup tidak mungkin tidak dibantu, contoh ortu lah, kaya saya, saya pun belum punya rumah sendiri, belum ada niat untuk KPR karena memang gak sampai penghasilan tapiii, saya disiplin untuk menabung dan investasi. Tahun ini pun malah saya berhasil save uang yang bisa dipakai untuk budget travelling selanjutnya karena apa, hidup irit pemirsa. Selama pandemi saya tidak pernah beli baju apalagi tas atau sepatu, kecuali buat anak ya karena itu pun udah pada sempit. Saya beli celana pendek 2x karena emang udah bolong dan gak ketolong buat dijahit haha, iya emang sepelit itu. Tapi tabungan saya cukup sampai bisa dibilang puasa tahun depan.

TAPI LAGIII saya paling anti yang namanya ngandelin tabungan atau uang simpanan. Ada orang bilang tenang aja gw baru dapet warisan 30 juta terus dia bisnis GAK JELAS!, dan hidup dari si uang warisan itu NO NO NO! Uang itu bisa habis dalam 1 hari, kita harus tetap menghasilkan uang. Cari paling gampang, jualan di whatsapp. Modalnya cuma kuota. Jualan kan gak gampang, emang, kata siapa gampang, lo pasang status sehari trus lo bilang gak laku come on, you f*ckin stupid, thats not the way to sell products.

Nyambung ke pandemi covid ini sebenarnya lumayan cocok buat orang macem saya yg ambivert, most introvert but can be extrovert karena jadi jarang pergi, irit, less works, dll. Entah kalau orang bilang boros, kok saya sih kebalikan ya, kecuali emang anda jajan gofood 3x sehari, ya ofcors bangkrut itu namanya malih.

Sejak bulan Maret hingga detik ini, bisa dihitung untuk pergi-pergi apalagi ber sosial, maaf sih bukan parno tapi menjaga aja, anda mungkin baru kemarin swab negatif, saya bisa jadi OTG. Emang persoalan si COVID ini ribet. Kalau virusnya bener-bener ganas, katanya malah lebih gampang untuk diminimalisir karena gampang ketahuan, kalau si covid ini kan ribet di orang OTG dan merasa tidak ada apa-apa bahkan merasa tidak ada virus :'D.

Jadwal pergi itu biasanya hari senin karena ngumpulin tugas sekalian jajan lah, treat happiness. Minggu lalu akhirnya dine in di BMC karena mau makan lontong kebon karet cuma gak dapet parkir akhirnya ke BMC. Kmrn ke BEC tadinya mau ngebenerin si IPAD sial tapi gak bisa juga, eugh! Sisanya paling ke Yogya Kepatihan sama ke Toko Bayi karena cari kado dan perlu beli sesuatu. That's it, itu juga gak bawa si faya, gw pergi sama nyokap bawa mobil sendiri haha setahun sudah resmi jago parkir, eh enggak juga deh masih males parkir mundur, LOL.

IRIT, LESS WORK why?

* Irit karena gak beli bensin, yang biasanya kesana kemari. Jajan kalau saya sih diatur, kalau ada frozen food atau bisa bikin ya coba aja. Kalau pengen jajan juga cari yang promo, tadi gofood batagor 30rb eun lumayan banyak, bisa 2x makan buat saya, yg lain bisa icip2 haha. Makanan kan masak ya, memang budget grocery nambah tapi bensin irit, makan di luar juga bisa diitung, biaya lain-lain yang biasanya nunggu sekolah atau pulang kerja itu sudah tidak ada lagi.

*Less work, orang-orang ngejudge saya dengan mudah, enak banget tinggal sama ortu, sering nonton netflix ya. Well saya gak perlu buat status sampe kaya jarum jelujur. Selama pandemi karena kadang mandi cuma sekali hahaha, jadi ngatur2 juga pake baju, kalau anak gw, pake baju ya minimal 2x ganti kecuali dia basah atau ketumpahan suka ribet sendiri. Kalau saya irit sih karena gak ada orang bau2 dikit bisa semprot body mist lah ya LOL jadi nyuci cuma seminggu sekali, tiap orang di rumah ini nyuci karena punya cara sendiri, ribet emang lol. Jadi saya pun gak terlalu banyak supaya irit air.

Udah gak pernah setrika, asli. ngapain sih nyetrikan daster (fyi gak pake daster, terlalu tua pake daster :D), kecuali si faya kudu pake seragam sekolah kalau zoom. Baju-baju pergi gw anti kusut so .. enak kan

Jadwal bebersih paling nyapu area ruang tamu tengah karena sehari-hari faya belajar main disitu, saya pun kerja di situ, ngepel kalau kotor banget. Beres-beres dapur kalau kotor banget dan cuci piring stlh makan. Sisanya paling ya masak nasi kalau emang belum ada yang masak, masak sayur2 simple buat sendiri n anak untuk sekali makan. (GA usah dibuat ribet pasang status karena kudu ngepel dll LOL)

*Less Polusi, jarang keluar jadi males ya keluar asli, apalagi piknik. Untung juga sih duit pas-pas2an, mungkin kalau saya orang kaya juga akan nekat swab lalu ke Bali, mungkin. Bukan berarti gak punya duit yam duit saya banyak LOL tapi disave buat vaksin covid sieun mahal.

Jadi mana yang masih suka komplen hidupnya, komplen wajar lah namanya manusia, yang penting usaha terus, alhamdulilah terima kasih atas kepercayaan ortu untuk tetap ngajar onlen anak-anaknya, btw saya kerja keras juga ya ngerjain Lesson Plan, activity dan lain2. Search video utube yang bagus aja butuh 10 menit lebih gak asal comot loh. Buat yang masih bilang enak ya, tanya dulu dong di balik itu ada kerja keras nya yang disiplin research, baca, liat2 vacancy, tanya orang-orang. So if you always said that God arrange our monet, yes God is, but you know Rejeki itu harus dijemput, lo bisa kerja 2 3 4 kali lipat, kenapa enggak!

Comments