Maen games di hp #parentingsharing

 Apa faya dikasih hp? Gadget? Yes tentu saja, ini 2022 ibu2, saya ingat postingan Dian Ayu, itu tuh istrinya Omesh 😁 sbg ortu millenials jangan terlalu strict dengan hp, gimanapun anak2 ini lahir di zaman gadget serba canggih ya kita aja ngaturinnya kudu gimana.

Kasih gadget di bawah 4 tahun ⛔
Anak sudah usia 5 tahun ke atas 🆗

Kalau faya dikasih gadget usia berapa? Dia dulu sih gak pernah main games, pernah bapanya sodor2in dan pgn beliin tablet, I said NO 😂 (susah emang kalau kebanyakan beda opinion), saya juga pernah liatin sebentar Talking Tom tapi anaknya B aja, nah semenjak lockdown kemarin karena memang ada hp nganggur ya udah saya kasih buat dia aja tapi buanyak rules-nya pemirsa 😅\

Sekarang doi 8 tahun ya, Hp nya Xiaomi jadul entah seri berapa dan udah retak bagian bawahnya akibat dia gak bisa diem, jatoh dan prek aja, duh padahal gue seumur-umur gak pernah kaya gitu loh, jatuh pernah sih wkwkw dasar, ya udah karena masih jalan, monggo aja dipakai dulu, saya suruh dia nabung sih ntar ditambahin (sama bapaknya).


Hp nya malah baru dikasih nomor taun kemarin, karena udah mulai ditinggal biasa sama kakek/ neneknya, saya langsung cek ke hp dia. Lalu ada app apa saja atau games apa saja:

- App standar aja (utube ada tapi saya kasih rules bahwa kalau terlalu banyak ntn utube itu nyedot kuota which is kamu susah zoom pas online dan lain sebagainya, doi nurut hehe, boleh utube sepuasnya kalau di hotel 😁, instagram ada tapi gak login dan saya gak buatin dia akun IG, hmm kapan ya gak tau deh suka ada konten yg kurang tepat, apalagi tiktok, aku gak punya maakkkk, ngerasa ketuaan main tiktok, untung bukan bisnis kuliner atau dagang online hahaha)

- Whatsapp, email, dan bawaan xiaomi aja deh sepertinya, whatsapp cuma nomor2 tertentu, dia gak punya nomor temannya sih karena generasi pandemi, paling hanya sepupunya aja.

- Learning app: Ngaji aka Murotal surat anak, English Vocab & Math (kali bagi karena masih belum terlalu hapal).

- Games: namanya Cat Cafe, Moy 7, dan Cat Forest saja
saya belum kenalin roblox karena ngerasa belum perlu, ini games-nya basically ngatur2 kucing di cat cafe, kucing yg punya resto dan kalau Moy itu kaya tamagochi tapi ada add mini games-nya jadi lumayan banyak lah paket komplit.

Sebelumnya pernah download baby bus tapi bosen juga karena ngerasa udah naik level. Trus main hp nya kapan? hanya di weekend (saat hari2 sekolah), kalau libur boleh main hp tapi pagi-nya harus belajar dulu (edan put, karena saya merasa di load di sekolahnya biasa aja dan dia tipe anak yg gampang lupa jadi harus terus dilatih).

Belajarnya simple kok: baca buku (bebas boleh komik), nulis sambung/ menggambar dan latihan matematika itu paling maks 30 menit aja.

Kalau internet settingnya Kiddle tapi sebenernya google juga agak aman selama keyword-nya gak aneh tapi masih suka saya awasi, Youtube juga sejauh ini masih saya awasi dan dia gak berani dan alhamdulilahnya gak suka channel halilintar or even ricis, karena ya itu tadi gak biasa. Dia paling demen disney tentu saja si Minnie dan Mickey, even review mainan seperti itu aja dia gak doyan.

Comments