about #childfree vs #lotchilds

Sebenernya ini bukan tentang childfree sih tapi tentang banyak anak, kebalik ya haha, beberapa quora user itu banyak yg gembar-gembor punya anak banyak, ya gw sih personally don't care cuma ada yg keukeuh jumeukeuh, katanya justru yang takut gak bisa biayain anak itu berarti bukan manusia yg berkomitmen dan bertanggung jawab cenah, wtf I am laughing as a cow, why is a cow. Anyway lo setuju gak dengan statement itu?

Ibarat gini ya, anak gw 2 kebeneran beda 2 tahun, 1 masuk kuliah 1 butuh bimbel, gw punya budget 200 juta let's say, anak gw pertama bisa masuk medical faculty dengan dana masuk misal 100 juta, anak gw kedua bisa bimbel budget 30 juta, lunas beres sisa 70jt biaya sekolah anak kedua sisa 10jt an, genjot buat kuliah anak kedua misal FH dana 50jt, masuk.

Lalu temen gw anak 4, sama kita budgetnya 200 juta, anak 1 mau kuliah, anak 2 mau bimbel persiapan juga, anak 3 masuk SMP anak 4 masih SD. Let's say sama 1 mau masuk FK juga 100 juta, anak 2 ya udah gak usah bimbel lah cari tutor aja budget 10jt, anak 3 smp swasta 45 juta, sisa 45 juta, biaya anak 2 3 4 total 15jt, sisa berapa 35jt, nanti anak kedua mau masuk FH juga pas anak 3 mau SMA belum anak ke-4.

Gw sih logically gitu ya, ya mungkin aja anak 1 pinter dapet beasiswa full alhamdulilah tapi intinya sih kita even gak tau loh besok tuh kaya apa. Rezeki memang sudah diatur, dari zaman faya hamil saya keluar dari kantor korea, masuk project google even cuma sebulan ya, selang gak lama masuk IFC, world bank, itu tuh rezeki anak bayi banget deh. Tapi ya teuteup kita harus prepare dan rencanakan semuanya dengan baik.

Kayanya gw udah pernah cerita ya ada satu keluarga yang sangat mampu secara finansial karena si bapak kerja di bumn, pas anaknya baru masuk kuliah, si bapak ini ngajuin pensiun dini dengan harapan buka usaha kost2an namun sayang tidak berjalan dengan baik, uang habis begitu saja. Selang beberapa tahun si anaknya yg gede ini udah hampir lulus tapi mereka engap dengan biaya hidup, anaknya yg kedua masih kuliah, si ibu pinjem duit kesana kemari katanya 500rb juga gpp kalau gak bapaknya mau jual ginjal. Waduh gw denger itu shock banget karena ya bener ibarat lo punya duit 1 M hari ini, bulan depan itu uang bisa habis atau dalam beberapa tahun.

Oh ya satu lagi ya parents kita juga kudu mikirin masa pensiun setelah tidak bekerja karena kalau dipikir masa tua itu lama juga loh😁😁, contoh stop kerja di usia 60 tahun, menuju 75 tahun kan masih 15 tahun ya misal amit-amit meninggal di usia 75 atau malah panjang umur ke 85 atau kaya queen elizabeth 90 masih survive. Nah kan .. gitu deh!

Comments