We dont have to live by people's standar (I mean society in general)

Panjang amat 😂 anyway di saat ibu2 lain gendong bayi ke-2 bahkan ke-3 atau malah ke-4, pardon saya sama sekali gak kabita, pertama tentu saja masalah pribadi, kedua in a few years I will be 40 *geez, udah tuir banget rasanya 40 gendong2 orok, ketiga aku lelah kalau pas 60 masih nguli aja 😂 karena mau tinggal di europe nanti *aminin dan solawatin aja shay.

Jadi males banget yang namanya ganti pampers, bikin susu, nyuci dot, eyong2, begadang wkwk, apalagi bawa tas bayi kemana-mana duh rasanya kucukupkan saja pemirsa. Kalau masih usia 30an sih ok lah tapi jangan maksain lah kalau udah tuir, kalau memang kasian anak nanti sendiri ya memang hidup itu akan sendiri, gak bisa yang namanya ngandel2in :).

Saya juga sekarang mulai setuju dengan childfree atau malah gak nikah, ya kalau gak mau ya udah lah biar aja, ortu punya anak sama sekali tidak mewajibkan anak anda untuk berkeluarga dan beranak pinak, terserah anaknya aja yang memutuskan hal sendiri, yang penting tidak merugikan orang lain. Hidup ini bukan untuk memenuhi kewajiban standar masyarakat umum.

Anak sy skrg kelas 3 SD udah mulai agak mandiri ya, saya juga kerja, gak mungkin deh gak kerja 😂 bisa hilang arah kalau gak kerja, apalagi biaya teh gak murah dan kita kudu siap yang namanya biaya kesehatan, BIAYA DOKTER KALAU SAKIT, OBATNYA, DOKTER GIGI, DOKTER MATA (faya's case), anak lain malah kudu terapi, kudu ini itu. Lu-nya aja yang g****k kalau misal masih tanya biaya dokter. Kemana aja deh? Heran deh eike.

Buat adik-adik semua yang rencana punya anak perlu diingatkan ya (terutama geng pas-pasan kaya saya) kalau macem sultan mah aman lah ya 😋:

1. PANGAN 
masih inget kan pelajaran IPS bahwasanya manusia itu butuh makan supaya gak mati 😂, jadi anak juga perlu dikasih makan yang menyehatkan, makanan yang menyehatkan itu gak perlu yang mahal pemirsa, kalau merasa budget pas-pasan bisa selang-selang protein hewani dan nabati contoh tahu tempe telur lah udah jagonya para mamak-mamak yang demen nyiapin bekel. Ok skrg oe mau ngingetin pelajaran IPA jadi makan tuh harus ada:

KARBOHIDRAT (nasi kentang mie roti), PROTEIN seperti yg disebutkan di atas, SAYUR wajib ya, BUAH (pilih aja pisang pepaya) dan SUSU (gak usah tiap hari).

2. BY PENDIDIKAN & pendukungnya
kenapa saya put pendidikan di nomor 2, karena anak kudu disekolahin, karena faktor lain itu bisa diakalin, ntar baca aja sampe tamat pokoknya ya

3. BY KESEHATAN
Ini penting yg seperti saya bilang, even bpjs aja bayar ya kan cuma in several case gak bisa pake bpjs, alurnya panjang shay, biaya kesehatan juga termasuk vitamin, masker, hand sanitizer, dll.

4. SANDANG
Nah ini yang saya bilang bisa diakalin, kenapa? ya kan kita gak beli sepatu baju tiap bulan, kecuali emaknya demen shopping, hamdallah ya sis saya mah bageur pisan 😂

5. PAPAN
Nah ini juga bersyukurlah anda yang tidak terjerang hutang KPR dan mempunyai PMI, tau kan artinya. Ya udah deh gitu aja.

Ya Allah semoga saya selalu sehat dan tidak merepotkan faya di usia senja nanti, kalau bisa banyak uang supaya bisa bayar panti jompo sendiri, amin ya rabb, curhatan mamak2 yang semangat nguli!

Comments