p.r.i.n.s.i.p

 Dari kecil terbiasa menabung, dulu karena alesan ada di sekolah aja. Ortu gak pernah maksa sih cuma tau diri, pengen beli mainan, pengen beli kaset, lebih cepet kalau udah ada duit, kalau kurang bisa nego sama ortu 😂 SD nabung, SMP pas lulus juga dapet tabungan koperasi wah lumayan banget, kalau tabungan dari sisa uang jajan ya lumayan kalau kaya mau nonton di bioskop itu nambah-nambah, dulu 10rb bisa nonton di Kings, makan baso malang, ongkos angkot dan beli Ciki. Luar biasa ya haha iya deh zaman baheula.

SMA juga tetap rajin menabung, pas sweet 17 keluarga lagi ya bisa dibilang kondisi duit gak ok, sedih sih jadi diriku pake uang tabungan buat traktir temen-temen deket di PHD, foto studio di Jonas oh ya gak lupa beli pink blouse dan rok mini haha duh sayang euy itu bajunya lupa kusimpen dimana.

Anyway hal gini terbawa sampe umur gue setua ini, meski sampe detik ini gue belum mampu kredit rumah, kalau kendaraan bisa maksain cuma gak usah lah masih bisa minjem punya nyokap 😂. Saving itu memudahkan rencana di masa yang akan datang, kalau gue ya sekarang concernnya pendidikan Faya karena gue emang gak mau dia sekolah negeri.

Ya jangan maksain dong, sesuai kemampuan!

Bukan maksain ya tapi gue masih bisa kerja keras, cuma orang males yang bilang maksain sekolah, toh gue juga gak maksain Faya masuk Gagas Ceria, if you know what I mean. Karena ada loh mereka punya macbook air dan IPhone tapi anaknya masuk negeri, ini bukan karena dapet fasilitas kantor ya, different case kalau itu. Ini karena emang mereka sengaja beli dua produk tsb tapi anak ya udah deh masuk negeri aja. Padahal kalau misal,

Macbook Air 2017, gw liat harganya 7,3 juta
IPhone X, misal nih ya 4jt an

Total itu 11 jutaan ya, itu bisa loh masuk SD yang range enam sd delapan juta 😋, ya tapi kalau orang maunya gitu ya bodo amat lah ya.

Gw tuh ibarat gini, pas kuliah ya nabung 100 ribu diambil lima puluh ribu itu gpp lah yang penting nyimpen aja dulu. Kalau sekarang ya beda ya wajib minimal 100 ribu. Long term goal itu buat dana kuliah Faya pastinya karena rencana SMP SMA ke negeri, semoga bisa masuk ya lalu buat dana pensiun, jangan sampe minta duit ke faya 😞, semoga ya bismillah.

Jadi kalau punya prinsip yang buruk ya diganti, sama dengan mindset, udah gak musim sih bilang susah dan gak bisa, ketinggalan, ini yang muda-muda gila gila loh udah belasan puluhan juta incomenya.

Comments