Sekolah Cikal Bdg & SMM

    Kembali beropini mengenai sekolah di Bandung ya mommies 😁, semoga ada manfaatnya. Kali ini mau memberikan informasi tentang Sekolah Murid Merdeka dan Sekolah Cikal di Kota Bandung.

#sekolahbandung #kotabandung #sekolahdasar #SDBandung #sekolahdasarcikal #sekolahmuridmerdeka

    Waktu tahun kemarin pas kebetulan menemani rekan observasi salah satu sekolah di Dago, akhirnya diriku menyempatkan diri ke Sekolah Murid Merdeka Eduverse Bandung yang terletak di Gedung Pos, Jl Banda No 30 (daerah Jl Riau deket sekolah TarBak).


SMM udah gak asing lagi dong namanya, bahkan semenjak pandemi menjadi opsi yang dipilih para orang tua. SMM juga ada beberapa Hub ya nah untuk Eduverse ini menjadi pusat dan ruangannya cukup luas ada di Lantai 2. Untuk programnya sendiri kalau gak salah nih, mohon maaf agak lupa ada TK SD SMP dan SMA dan ortu bisa memilih program online atau tatap muka/ onsite, jika memilih program online pun, murid bisa ikut kegiatan onsite sesekali supaya tidak bosan. Info biayanya kurang lebih seperti ini saya copas dari web ya,


Jadwal sekolah, seminggu tiga kali jam 07.15-10.15 (gratis learning kit)
Uang pangkal Rp 2.000.000
Uang tahunan Rp 2.000.000
SPP Rp 
520.000/ bulan


Kesan saya karena sekolah baru maka fasilitas pun cukup memadai dan ok, cuma sayang toiletnya ada di luar ruangan dan tidak ada outdoor space. Ada arena bermainnya meski gak terlalu besar tapi sangat modern dan keren lah pokoknya. Ada anaknya rekan guru yang masuk SMM online katanya sih pembelajarannya ok jadi tidak terlalu banyak teori dan belajar intinya, ada juga presentasi dan lainnya. Untuk biaya online kalau gak salah gak semahal di atas ya.


Nah sekarang saya mau menginformasikan Sekolah Cikal, sebenarnya untuk Rumah Main sendiri sudah ada di Jl Bengawan dari beberapa tahun lalu cuma karena belum sempet aja kesana ya sudah lah. Untuk tahun ajaran baru ini 2023 akhirnya Cikal membuka juga untuk level Sekolah Dasarnya yang berlokasi di Jl Ranggamalela No 1 (deket Unisba, buat anak 90an mah gedung ini pernah dipakai oleh LIA dan saya pun pernah les di sana zaman kinyis kinyis ahaha)

    Beberapa hari lalu karena ya saya kepo dan ingin tahu ikut acara open house SD Cikal, suasana gedungnya masih sama loh seperti yang dulu 😂, ini gedung zaman Belanda kali ya karena masih bagus. Tentu sudah direnovasi dan di cat putih supaya lebih terang dan lega. Dulu sih banyak rumor ini ada hantunya karena memang rumah kuno banget.

    Pas acaranya karena sesi SD sesudah TK jadi nunggu lumayan lama sekitar lima belas menitan lalu anak-anak langsung sesi kelas di ruangan SD hanya ber-4 saja dengan Faya. Kegiatannya, games warming up, circle time, singing, melukis dan story telling about Chamellion. Karena Cikal menggunakan IB jadi kesehariannya menggunakan English ya. Info biayanya 😁 secara singkat saja;


secuplik reelsnya ya..


Uang Pangkal 40 juta (belum termasuk seragam dll ya)
SPP per bulan sekitar 3,8 jt an (bisa bayar per term/ tahun, kalau per tahun hanya bayar 11 bulan)

    Kesan saya ya sekolah dengan standar international ya, guru-guru ramah, fasilitas pasti memadai lah, kalau tadi karena masih proses finishing jadi memang belum semua perabotnya ada. Karena pernah tau level international seperti BBS, Stamford, SIS, bahkan Gagas Ceria meski gak pake IB/ Cambridge tapi ambience-nya kurang lebih sama ya. So siapa yang berminat sekolah di Cikal Bandung, silahkan langsung kepoin aja Instagramnya 😊


Semoga Bermanfaat

Comments