Pop up class VS PAUD

#sekolahbandung #tkdibandung #sddibandung #bandung

    Di tahun 2023 ini banyak sekali opsi atau pilihan kegiatan anak yang dapat dipilih orang tua. Sebetulnya kegiatan seperti ini sudah ada sejak lama mungkin sekitar tahun 2015 anak saya pun pernah ikut kegiatan, ada Jejakecil yang memudahkan ortu supaya kita bayar kegiatan per visit atau per datang. Lalu setelah itu booming banyak sekali hingga saat ini, @pelangibandung pun pernah mempunyai kegiatan serupa 😁. Sekarang @digy.kidsclub pun ada ya moms.

    Nah kadang ortu termasuk saya mikirnya lebih murah kalau ikut pop up class karena ikutnya kan tidak setiap hari kalau pun rutin ya mungkin sebulan hanya 4x apalagi biasanya pop up class tidak perlu bayar uang pangkal. Tapi apa betul lebih murah. Misal kita ikut PAUD dekat rumah dengan biaya pendaftaran misal 1 juta rupiah dan SPP 250rb dengan jadwal sekolah seminggu 3x berarti anggap saja itungannya 30rb per hari (asumsi 10 bulan sekolah ya moms karena banyak libur). Bahkan di tahun berikutnya itungannya malah sekitar 20rb an karena uang pangkalnya masuk di tahun pertama.

    Sekarang kita bandingkan dengan pop up class rata2 biayanya 150 per datang dimana per bulan saja sudah habis sekitar 600rb atau kalau ada diskon sekitar 500rb dan untuk 4x sesi saja. Mahal banget kan ya. Untuk sekolah konvensional contohnya PAUD/ TK memang terasa mahal di awal karena kita perlu bayar uang pangkal di awal tapi kalau dihitung lagi cukup affordable apalagi anak sekolahnya 3x seminggu.


fotonya pake kelas Ms. Puti ya hehehe

    Tapi tentu kembali ke pilihan mommies semua ya mana yg cocok, oh ya saya mau merekomendasikan pop up class di Kota Bandung:


1. Montessori First, biayanya 150rb/ per visit, salah satu kegiatannya ada di Librina, Jl Gatsu 28 sama dengan tempat saya ngajar. Mereka punya tema yang berbeda tiap minggu dan aparatus montessori yang cukup beragam. Ada online classnya juga ya.

2. Wonder Kids Motoric, mereka punya kegiatan beragam dari cooking class, airport visit, fire station dan lainnya biayanya mulai 100rb an kalau gak salah.

3. Kumbo Bdg, dulu tempatnya di Bikasoga kalau sekarang mereka ngadain di berbagai tempat, mereka juga jual learning kit buat belajar di rumah.

4. Obo Play, tempatnya ada di Setiabudhi dan Antapani, mereka punya banyak macam tenant salah satunya Montessori First jadi bisa langsung cek jadwalnya aja ya.

5. Digy Kids Club, maaf sedikit mengandung iklan, Digy Homeschooling (dulu adalah Primagama) mempunyai program anak usia dini baik secara online maupun onsite yang berlokasi di Jl Saad 28 (Naripan). Saya langsung spill biayanya aja ya mommies:


Regular Class (mulai usia 2 th) Selasa/ Kamis jam 09.00 sd 10.30,
Rp 100.000/ visit atau Rp 550.000/ 8x visit

Pre- reading & Writing (4 sd 6th) Selasa/ Kamis jam 10.00 sd 11.00,
Rp 200.000/4x pertemuan

Online Class (mulai usia 3 th) Rabu jam 10.00 sd 11.00 (media zoom)
Rp 140.000/ 4x sesi zoom FREE Pendaftaran


Nah jadi siapa yg mau ikut langsung aja cek instagramnya karena saya gak punya semua kontaknya. Oh ya di Librina (Perpustakaan Anak Dewasa) yang di Jl Gatsu 28 juga punya banyak kegiatan pop up class ya seperti Montessori di atas, English Class by @pelangibandung 😁, gross motor activitiea Bebeka, Kelas Musik, Taekwondo, Art Craft, Drawing by Rossa. Banyak sekali nanti saya kasih kontak Librina, silahkan comment di bawah saja ya 😀

Semoga bermanfaat ..

Comments