kalau bisa hindari kredit/ utang/ paylater

Sebagai orang dewasa yang bukan dari kalangan sultan 😂 kayanya agak susah ya kalau gak kredit either kendaraan, apalagi KPR atau usaha dan lainnya. Syaratnya mah gampang, punya penghasilan tetap, sesuaikan dengan penghasilan dan expense dan bayar dengan disiplin aka jangan molor-molor. Nah masalahnya kan orang-orang tuh bandel ya, males bayar atau emang udah licik duluan kabur atau gimana.

Gw seumur tua ini haha gak pernah yg namanya kredit dalam bentuk apapun karena mempunyai prinsip, 

diem aja kalau gak punya duit atau bokek

lebih baik nabung dan nunggu daripada ngutang

Ya itu karena gaji gw berapa coy, cuma emang ya kadang yg namanya kartu kredit itu dibutuhkan, amit amit nauuzubillah kalau misal mendadak masuk RS, BPJS gak work out, pas lagi gak punya uang, itu gunanya. Sisanya sih menurut gw gak terlalu penting ya, apalagi sampe ngutang tiket konser ahaha atau beli tiket pesawat hotel bari jeung mayarna teh minim. Tah eta nu tidak boleh eh dihindari lah.

Kredit barang yang dimaklumi karena related misal urusan pekerjaan, HP (asal gak ngejar pgn IPHONE supaya pas selfie keliatan si lobang tiga atau logo buahnya 😂), Laptop ya hari gini gak pake laptop, anak SD aja butuh laptop, Kamera apalagi kerjaan ada hubungannya sama medsos foto memfoto gitu, peralatannya yg seabreg contoh hardware, light, audio misal cover singer hehe. Ok lah kalau mau ngutang.

Nah ngomongin paylater atau shopee ya ini yg kadang bikin gw heran apalagi anak-anak SMA sekarang pake paylater, gila apa tuh, yang bikin merusak anak bangsa hahaha. Balik lagi, lo udah kerja punya penghasilan dan sudah membayar kewajiban ya terserah. Tapi gw mah ya ngapain sih paylater tas atau sepatu misal seharga 200rb. Tunggu weh nabung 2x 100 oge bisa kan. Makanya kalau ada yg keukeuh tidak perlu membeli barang kw. Kalau gw pribadi ah gpp lah kali-kali barang kw pengen gaya juga haha daripada paylater beli branded, NO NO NO lah. Toh gak semua barang gw kw, dan jangan pernah gengsi beli barang murah ya gpp kan orang gaji misal 3 juta masa mau beli baju harga 300 rebu, jangan lah ada harga mapuluh oge nya teu nanaon.

Yang terakhir soal travelling atau ngonser nih ya, gw mah dari zaman sekolah udah nabung dan sekarang ada beberapa budget yang bisa dipakai jadi ya teu riweuh wkwkwk, sedikit menyombongkan diri gw pernah dibayar lima belas juta untuk proyek translator 😎. Satu lagi elo mau travelling atau ngonser ya ngirit dong, udah tau pas-pas an masih aja boros.

Preference sih ya orang me time, ada yg suka kuliner resto/ cafe, ada yg suka belanja, ada yg suka ini itu tapi saya mah yg simple simple aja, makanan enak ya enak tapi kita biasa aja lah, rasa ya selera, barang branded itu gimanapun akan rusak, anda hanya akan mendapatkan pengakuan sebentar saja. Tapi pengalaman dan memori itu duh harganya mahal sekali, sangat berharga.

Sekian dan Terima Jadi

Comments