masa-masa bangkrut tapi ...

Curcol yaaak, jadi pasti lah sebagai manusia kita up side down left right turn around etc. 😂 begitupun gw yg rakyat biasa saja ini. Cuma kan gw biasa nabung ya, even masa-masa bangkrut tuh masih sisa 100 200 ribu lah, gak pernah yg namanya minus apalagi ada tagihan kartu kredit, sebisa mungkin kuhindari.

Pas mau wisuda pun pake beberapa duit tabungan buat nambah-nambah keperluan krn ortu kan udah gak berpenghasilan, oiya gw kuliah D3 dan menjelang beres TA kerja, lumayan lah ngajar dan paid intership dapet beberapa ratus ribu. Pas S1 juga sebelum wisuda udah kerja sambil nunggu kerjaan yang bagusan 😁. Akhirnya resmi kerja di akhir 2008 ke Jakarta, meski punya beberapa ratus ribu buat makan, diriku gak bisa bayar kost wkwkw karena belum ngeh harus bayar di awal, untung kakakku baik mau nambahin. Dari situ berusaha irit meski ini tidak patut dicontoh ya, 2 tahun kerja diriku bisa dapet 10 juta.

Karena diriku rencana mau ke jenjang berikutnya (you know lah), jadi gw balik Bandung, karena nunggu kerjaan dan diriku gak bisa diem ya udah pake tabungan buat les excel supaya lebih bisa haha. Ya singkat cerita nabung terus sampe lupa bersenang-senang yang berujung nonton Mr Big dan ke Belitung.

Pas nikah pun, udah sering gw bilang ya abis dua puluh lima juta, gilings kalau dulu belum nikah dan baru sekarang mungkin gak akan mau abisin duit segitu sendiri. Anyway masa bangkrut itu ya udah married tapi bos baik karena di kantor dapet tunjangan nikah 3 juta wkwkw, lalu pas punya anak, asli tabungan ludes, ya itu ada mungkin 200rb. Karena ops caesar cuma dicover 7 juta, pas anak juga kudu rawat inap karena muntah nelen air ketuban.

Mulai kerja lagi tahun 2014 genjot lagi nabung nabung tapi gak lupa have fun. Oh iya pas cuti hamil kelamaan yaitu 7 bulan ya diriku berusaha ngirit aja, makan bareng ortu 😂 kalau pergi paling senam hamil pake duit sendiri atau kalau cekup. Pas rintis platform les-lesan juga sempet income gak pasti, untung bisa nyairin bpjs 7 juta lumayan lah buat nambah-nambah dikit.

Even pas pandemi ya semua sektor kena, yg aman cuma nakes + retail itu pun rentan kena covid, Maret diriku masi gajian, April Mei itu gak ngajar tapi tabungan masih ada 3 jutaan. Setelah itu muter otak buat kelas online, alhamdulilah dapet sekitar lima ratus ribuan per bulan. Akhir 2020 ternyat duit gw ada 11 juta, rezeki mah mun dijemput teh loba ya.

Jadi sepanjang masa kerja di tahun 2006 selama hampir setahun, dan mulai kerja di pertengahan 2008 sampai detik ini awal tahun 2024 selalu berusaha gimana biar gak cuma diem di rumah, ngerasa aman karena bisa minta makan sama ortu. Break pergantian kerjaan paling 1 2 bulan, paling lama diriku cuti pas mau punya anak 7 bulan dan pas mulai les-lesan sekitar 7 bulan gak pasti dapet duit tapi suka bikin event ya lumayan dapet 200 300 rb, masih ada dari JHT 7 jutaan. Oh ya 2021 itu dapet project gede lumayan banget dua digit, sekarang pengen sih tapi cari yang waktunya tidak terlalu mepet berhubung sakit banget otot ketarik alias encok wkwkw. Jadi intinya manusia kudu kerja keras lah, jangan cuma dapet 3 juta udah bersyukur, kalah dong sama Ria Ricis yg bisa ngereview squishy sampe banyak duit.

Comments