Teacher Workshop: Story Telling Method by Mangrove Education

Setelah ratusan eh enggak juga ya 😁 webinar dan online training, akhirnya pas bisa ikut workshop di TelU aka Telkom University aka STT Telkom kalau dulu mah. Dulu sebenernya pernah ikut sebelum pandemi dan memang bagus materinya, kalau gak salah dulu sih gratis ya.

Nah minggu kemarin pas Juli ada event workshop lagi berbayar 100 ribu saja udah full komplit dapet semua, speakernya juga TEFL Trainer orang Japan tapi sekolah di U.S namanya Yuta. Pas hari Kamis lagi break period tapi gak libur ya gw mah (libur means no duit haha) jadi waktunya bener-bener pas meski minggu sebelumnya gw sakit gigi parah yg so far udah abis kocek 1,2 juta dan belum selesai 😖 di sini gw merasa sebal.

EFL WORKSHOP di Telkom University
Empowering Story Telling by Yuta Otake
Kamis, 4 Juli 2024 jam 09.00 sd 14.00

Fasilitas: materi & workshop tentu saja
- Snack & Air minum
- Makan siang
- Makanan ringan, Coffee Tea
- Goody Bag (pulpen, notebook, folder, nametag)

dan ada door prize aku dapat powerbank haha.

Dari workshop ini saya belajar bahwa kita tentu bisa menentukan activity story telling di dalam kelas sbb:

- Menentukan grup dg ice breaking
- 1 grup terdiri dari 5 orang (usahakan berbeda level misal guru, dosen dll) tiap orang ada tasknya
- Kegiatan pertama cari common thing lalu perlihatkan gesture agar grup lain menebaknya
- Kegiatan kedua adalah bermain board game agar mengenal (share true story)
- Kegiatan ketiga adalah membuat cerita dengan kata fortunately/ unfortunately, dibikin twist supaya seru lalu peragakan 😁 ini seru sih
- Kegiatan akhir adalah buat cerita dengan 5 komponen utama, true story dan share dengan teman grupnya

Ada juga kegiatan nyanyi, tanya jawab, oh ya untuk ice breaking ada 2 yg pertama, pas menentukan grup, there is a song, if it's stopped Yuta will say,

1 boat misal terdiri dari 3 orang, Ship terdiri dari 5 orang, dan lainnya

Ice breaking kedua kalau gak salah take turn pas nyanyi karena si Mangrove ini punya semacam hymne hehe. Overall sih seru workshopnya, ketemu guru/ dosen baru, new ideas pasti, refresh juga. Malah yg tadinya diriku kayanya mau pulang jam 13.30an gak jadi haha karena dapet makan siang dan enak, dan si speakernya emang janji bakal beres jam 14.30 meleset 30 menit karena diriku nunggu door prize haha, foto bersama juga tapi ya gak terlalu sore banget.

Terima kasih TelU semoga tahun ini/ depan ada event mirip mirip dengan biaya yg terjangkau kalau bisa mah di tengah kota.

Comments