Lebaran, Tradisi dan Kebiasaan

Saya gak tau kebiasaan lain saat lebaran di luar negeri karena memang belum pernah, mungkin someday ya, aminnn, hehe, tinggal di luar negeri. Cuma kayanya di negara yang nayoritas muslim terutama di Asia saat lebaran adalah saat yang mumpang meumpeung kalau kata orang sunda mah karena ditunggu dan setahun sekali.

Mumpung dapet thr mari kita belanja baju lebaran yang banyak, mumpung bisa mudik, mumpung bisa jualan kolek, beli kue lebaran, masak opor ayam, mumpung libur panjang dan lain sebagainya. Nah kalau keluarga saya agak aneh emang hehehe. Waktu kecil sih saya merasa seperti yg lainnya, ya lebaran beli baju baru dan sekarang baru menyadari ya itu mumpung dapet uang lebih ya beli baju. Kemudian kita berlebaran di rumah UA. Nah berhubung, lahir besar dan tinggal di Bandung jadi gak pernah ngerasain mudik dan saya merasa sangat beruntung gak perlu ngerasain yg namanya mudik krn apa, keluhan tiket mahal, macet dan lain banyak deh.

Beberapa tahun saat saya SMP keluarga saya mengalami krismon halah, memang di rumah biasanya ibu masak beberapa menu lebaran saja, gak pernah bikin kue, selain gak punya equipment nya, dulu mah suka banyak yg ngasih. Ada juga momen kita gak bisa beli baju lebaran, stlh solat, ziarah, kita balik rumah dan pada tidur lagi di kamar masing2, kebiasaan begadang nonton film pas malem takbiran hahaha *jangan dicontoh yah* dan itu berlangsung bertahun-tahun, jarang juga ada tamu.

Jadi buat saya udah santai banget yang namanya lebaran gak usah ribet-ribet, pas dulu kerja office sih memang bener mumpung dapet thr ya beli apa yang mahalan dikit kek, sisanya ditabung tapi kalau saya sih lebih beli misal baju yang emang bisa kepake sepanjang tahun, contoh celana jeans, bukan sekedar beli kaftan yg emang utk lebaran doang. Semenjak 2014 lalu saya udah mulai stop beli baju pas lebaran karena di bulan lain juga udah beli hahaha, sengaja beli sebelum puasa disimpen gak dipakai dulu baru nanti menjelang lebaran dipakai dan tetep esensi nya bisa dipakai untuk kerja.

Soal makanan dan kue, jujur saya bukan tipe orang yg gila dengan makanan lebaran karena apa giung, apalagi belakangan ini lagi niat clean eating, berusaha ngurangin makan daging2an terutama daging merah dan bonusnya supaya bisa kurus lagi hehehe. Saya paling nampol makan masakan lebaran itu pas malem takbiran, hari h udah deh, malemnya kadang saking enegnya suka pengen bikin mie instan which is now I dont want too cos I already say goodbye to Indomiee. Sama juga dengan kue2an, gak terlalu suka, makan tapi cuma barang satu atau dua biji, I prefer chips than cookies.

Saya juga berusaha supaya menerapkan hal yg sama ke Faya, mungkin beberapa orang jatohnya jadi bilang pelit amat sih tapi ya lebih ke menerapkan kepake buat next seterusnya, baju sih masih teuteup beli tapi ya bisa dipake juga utk sehari-hari, saya sih malah beberapa tahun belakang beli nya panties hahaha.

Jadi ya nyantey aja lebaran yang penting bisa solat, mengharapkan supaya dosa-dosanya bisa dihapus kalau belum hihi saking banyak dosa berarti kita harus menjadi manusia yg lebih baik lagi. Kalau gak bisa mudik ya berbesar hati, untung sekali lagi saya mah masih tinggal di kota kelahiran sendiri aka masih serumah dengan ortu dan soal makanan masih banyak fast food yang buka di hari H.

Coba lihat tulisan Kang Hasan berikut ini yg saya copas dari facebook
Mudik bukan Kebutuhan Primer
“Kok nggak mudik?” Kalau ditanya seperti itu banyak orang merasa seperti sedang dituduh durhaka. Tidak mudik seakan sama dengan tidak peduli pada keluarga.
Waktu saya masih kuliah, pulang ke kampung adalah kemewahan. “Kau tak usah balik, lebaran di Yogya saja,” kata abang saya memberi instruksi. Tidak mudik artinya tidak perlu keluar ongkos tambahan untuk biaya perjalanan. Ongkos perjalanan kapal pulang pergi waktu itu cukup untuk biaya hidup saya sebulan. Selama 6 tahun lebih saya kuliah di Yogya seingat saya hanya 2 kali saya mudik lebaran.
Tahun 1996 saya belajar bahasa Jepang di Kuala Lumpur. Selanjutnya 10 tahun saya tinggal di Jepang. Selama itu kami sekeluarga tidak pernah mudik lebaran. Kami merayakan lebaran dengan saudara-saudara yang sama-sama merantau, dari Mesir, Pakistan, Bangladesh, Malaysia, dan berbagai negara lain.
“Kok nggak mudik?” Ongkosnya mahal. Waktu itu kalau mudik saya harus menghabiskan biaya puluhan juta rupiah. Tentu saja sesekali saya pulang, tapi tak harus saat lebaran. Sekarang kalau mudik sekeluarga saya harus menghabiskan 15 juta untuk tiket pesawat. Tapi kan silaturahmi itu perlu. Ya, saya silaturahmi juga. Saya pulang kampung, tapi tidak harus saat lebaran.
Apakah hanya soal ongkos? Tidak juga. Saya tidak ingin membuat ritual-ritual yang tidak perlu. Saya tidak perlu mewajibkan hal-hal yang sebenarnya tidak wajib. Saya tidak mau membebani diri dengan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.
Lebaran mungkin suatu masa yang menyenangkan untuk berkumpul dan bernostalgia. Tapi, bisa jadi pula lebaran jadi begitu karena kita anggap begitu. Kenyataannya, saya selalu merasakan kemeriahan berkumpul dengan sanak saudara kapan saja. Bahkan saya selalu merasakan kemeriahan dan kebahagiaan berkumpul dengan siapa saja, meski tiada hubungan darah.
Apakah mudik itu salah? Sama sekali tidak. Yang salah adalah ketika mudik itu jadi beban, dan orang masih memaksakan diri untuk melakukannya. Lebih salah lagi kalau mudik dipakai untuk memamerkan harta atau status kepada sanak saudara.

Semoga kita semua menjadi orang yang lebih baik, aminnn ...

Comments