mau curhat ..

boleh yah hahaha yah diary pribadi ya monggo, yg mau protes silahkan..
yg mau nyinyir delete wkwkw ..

jadi gini ya saya merasa orang tuh gak bisa dinilai dari suatu gelar, meski punya gelar banyak *bukan raden ya* lol, tapi gak menjamin manner nya bagus, sama sih anak juga, biasanya balik ke ortu dan pola asuh tapi ya emang ada anak yg susah diatur kaya anak saya wkwkw.

Anyway apa sih put ngomongin gelar segala, enggak kok jadi gini sbnrnya sih saya mau berpendapat soal kesiapan anak masuk SD, sebagai seorang guru ciyeh, tapi saya bukan guru sekolah formal saat ini, fyi, saya hanya remahan rengginang di kaleng khong ghuan :D, saya saat ini mengajar ESL di sebuah course yg tergabung dalam sekolah swasta di bandung, gak usah disebut lah bisi ghibah..

saya sudah mulai kerja di dunia ajar mengajar itu start di 2006 tapi on and off, saya sempet kerja di office dengan berbagai title hehehe, 4 tahun belakang ini saya kembali mengajar demi fleksibel nya waktu antar anak sekolah.

Ok jadi menurut saya nih, pribadi yaaaa hehe, kesiapan anak masuk SD itu:
1. pasti UMUR

kenapa sih negeri masuk nya harus 7 tahun? simple aja lah bahasany udah mateng, udah gak perlu disuruh-suruh kalau belajar, ngerjain pr dll, udah bisa duduk anteng jeung sajabana, secara mental udah OK.

kalau swasta kenapa atuh boleh 6? karena biasanya kalau di swasta, rasio murid lebih sedikit daripada negeri kemudian di beberapa sekolah "mahal" kelas 1 itu ada 2 guru yang akan mengajar jadi moal apa pemirsa, paciweuh. Karena saya juga observe primary 1 di salah satu sekolah bertitel internasional dengan murid campur ya bule ya lokal ya asia dll, duh paciweuh deh iyey

Saya juga ngerasa pisan jomplang waktu saya ngajar pertama kali hingga akhir taun 2011 dan saat ini, ngajar 12 anak tk udah engap asa zumba, aktif masyallahtabrakallah :D

Buat amannya sih 6.5 tahun lah, eh alhamdulilah apakah faya aman? semoga

2.  Sosial Emosi
sebenernya intinya balik lagi kalau umur udah cukup ya anak juga pasti siap tapi yet balik lagi ke sosial emosi, apakah sudah bisa ke toilet sendiri, apakah kalau dibully dia tahan, apakah dia fokus, cara dia bergaul gimana

susah sih ini saya juga ngajarinnya setengah payah hehe, I am not strong mom like others.. dan bully anak jaman sekarang udah main branded, show off soal liburan ke negara mana, balik lagi ke pola asuh ortu

3. Baca Tulis
Meski pemerintah sudah melarang tk utk tidak mengajarkan calistung dan melarang tes sd bukan tes calistung tapi susah cuy kalau kurikulum indonesia raya belum berubah, anak kakak ipar saya pindah sekolah ke kanada, kalau gak salah kelas 5 apa 6 ya, yang biasanya di indo belajar keribetan yang hakiki, pas pindah sana, ih kok gampang, contoh katanya sih pelajaran sejarah nih ya udah gurunya cerita, tugasnya baca buku nanti presentasi, dinilai deh, coba di kita duh saya inget sekali dengan malasnya membaca buku sejarah, ngantuk cuy

anak sekarang tapi enak lebih kebantu, generasi you tube atau mbah gugel, ortu boleh bantu search materi video atau gimana cara belajar anak yang lebih fun, gampil sekarang mah..

terus jujur nih agak pusing dengan yang namanya tematik yg diterapkan disini, kalau di tempat saya ya cos we have fun English, ciye, jadi contoh nih saya ngajar kelas 1 kita pakai famous story kaya hansel gretel sebagai tema di satu term, atau ngajar tk pake tema animal world.. gitchuu

jujur pertama liat english book smp, alamak apa ini, pusing juga gurunya kalau gak dapet bekal training wkwkw..

Intinya sih umur dan anak itu ya betul perlu bermain, dan harusnya SD itu masih provide playground macem perosotan ayunan yg gitu2 deh simple, gile anak kelas 3 aja diajak fieldtrip ke playground membabi buta seperti haus main..

coba bandingkan dengan anak-anak yang sekolah di tahun 90an, cung, sayaaaa, kolot

Kalau untuk ortu nya apa:
BUDGET

hehe, sebenernya kalau mau masuk negeri gak terlalu banyak budget tapi tetep sih nanti anak teh butuh les dan ada budget utk beli ini itu, misal prakarya

swasta ya pasti mahal, doain aja ya ibu-ibu krn saya guru, jadi klo sekolah swasta itu mahal semoga uangnya untuk guru-gurunya juga, krn gak murah bayar orang teh coba lu dibayar umr mau gak, gengsi kan, sama guru juga, apalagi yg lain maintenance, jadi kalau sekolah libur 2 minggu tapi kenapa kita bayar nya full ya uangnya untuk subsidi yg lain dan guru mah tetep dibayar nya sebulaneun bukan 2 minggu eun, stop komplain ya ett dah

oh ya satu lagi, tolong para ortu jangan telat bayar SPP hahaha, why itu untuk gaji guru dan lain-lain loh, coba bayangin kamu aja yg kerja gaji telat sejam manyun gak, apalagi gak ada konfirmasi dari si pak bos nya, jadi sama aja ya berlaku untuk sekolah, apalagi nunggak ya no no..

Ok saya punya article salah satu sekolah di netherland where they don't have class lesson and curriculum, wagelasih tempatnya cucokkkk tapi satu pertanyaan simple saya, bayar nya mahal gak hahaha, Bu Najeela Shihab apakah sudah bikin sekolah bagus berkualitas di indonesia tapi bayarnya murah gak, gak perlu dengan fasilitas super mewah, sepertinya anak-anak bisa praktek dengan bahan-bahan sederhana atau daur ulang ..

Agora School link: klik

Comments