Udah mau daftar tahun ajaran baru 21?

 Tahun ini memang ambyar banget ya pemirsa karena si covid 19? Mulai bener-bener lockdown April tapi rasanya udah kaya mau setahun. Dan akhir tahun adalah identik dengan sibuk pendaftaran sekolah baru terutama yang mamak-mamaknya mau masukin SD untuk pertama kali nya.

Anyway mau kasih tips dikarenakan pandemik jadi menurut saya perlu berhati-hati sedikit, banyak banget sekolah yang mengalami penurunan murid, gak cuma sekolah sih, semua faktor termasuk, tempat les, mulai dari bimbel, privat, physical activity kaya renang, gym, ballet, dll semua berubah online dan gak bisa semua kegiatan atau pelajaran bisa dilaksanakan secara online. Jadi apa diskon abis-abisan, ada yang masih buka pendafataran untuk 2020 sampai saat ini, ada yang over register kaya take over kpr aja LOL, dan sebagainya.

Pandemi ini juga menyebabkan cut off bahkan PHK bagi banyak sektor termasuk eyke tapi alhamdulilah berkat kerja keras seorang ms puti, selalu ada jalan, doakan ya deg-deg an dari kemarin, eh si bule ngabarin kita start akhir Nov aja haha, baiklah siyap karena cuannya lumayan boook, bismillahirohmanirohmanirohim. Jadi banyak yang keberatan untuk biaya sekolah meski ada himbauan diknas setiap sekolah dapat memberikan kelonggaran sebanyak 10%, beberapa sekolah bahkan ada yang kasih keringanan sebesar 600rb.

Nah urusan pendaftaran juga hati hati ya ibu mommy mamih mom bunda mama dll. Kenapa? Sungguh pandemi ini menjadikan pandangan kita abu-abu, gak tau sampai kapan, vaksin ada juga kita masih harus mawas diri, bukan berarti anda sudah vaksin langsung bak superman, vaksin cacar juga masih kena sakit nya kan? apalagi ini covid yang 8 bulan udah dikejar buat vaksin, oh no jadi kepo bahasannya dr tirta, panjang deh kemana-mana blog nya put. Jadi kemungkinan besar tahun depan pun kalau bisa tatap muka sekolah sistemnya akan parsial, 50% online 50% tatap muka, banyak keuntungannya juga sebenernya kalau dipikirkan dengan baik.

1. Selalu lihat usia, kalau usia kurang jangan paksakan, usia 6 tahun di bulan Juni/Juli pun jika masuk sekolah swasta dengan beban yang banyak, anak gak akan sanggup, lebih baik pas 7 tahun ya. Minimal lahir di bulan Maret bisa ikut SD.

2. BUDGET, lagi pandemi seperti ini gak akan ada yang tahu, saya pun sangat bersyukur gak jadi masuk swasta sebelah karena jyujyur berat pemirsa, ditambah online seperti begini ambyar deh. SD itu 6 tahun, selalu perhitungkan plus minus nya. Jangan lupa biaya sosial yang lebih mahal contoh:

.Uang kas yang dari awal saya anggap tidak terlalu fenting

.Ultah dan kado

.Gaya aka tas sepatu jam digital haha

.Nobar, playdate apapun deh itu gak ikutan dicembetutin loh, LOL dll dsb

Kemudian kalau online kita bayar full misal 1,5 jt sebulan itu tidak worthed pemirsa, ya saya tau semua juga beban, saya pun guru menjadi beban saat kelas diubah menjadi zoom harusnya sekolah tetap memberikan kompensasi bukan tugas seabrek abrek gusti pecah pala barbar..

3. Lokasi, meskipun kemungkinan setahun ke depan kita masih akan online, tetap kita akan ada urusan juga ke sekolah, jauh = cape = macet = buang waktu = biaya ekstra.

Jadi saran saya kalau masih kurang umur, pending saja lebih baik, ambil les online yang cuma sekali dua kali seminggu, less beban. Stimulasi mandiri, bikin project bareng atau santay lah. Kalau pandemi udah mulai mending ambil les renang/ futsal/ gymnastics.

Jika ragu ingin masuk SD bagus tapi karena terhambat pandemi, boleh coba SD negeri dulu nanti option nya setelah pandemi beres bisa pindah swasta. Karena minimal anda harus punya 10 juta cash buat sekolahin anak. Kecuali kalau anda merasa uang tidak masalah ya tapi ingat, online berarti siap mendampingi. Saya pun udah gak bisa ngapa-ngapain sampe jam 11 siang, paling sembari beberes aja nyapu, lap-lap, ngepel, boro-boro mau cek email. Ingat sekolah bagus identik dengan tugas seabrek, kudu melek google classroom jeung sajabana. Siap ibu atanapi bade nampi ka dapur wae?

Pilihan sekolah memang balik ke ortu ya misal mau sekolahin di:

IT Plus, Hafiz, International, Cambridge IB, Bilingual, Negeri, Montessori, dll. Yang penting kita lihat anak kita cocok gak, siap gak, kalau bisa trial coba dulu. Jangan terlalu memaksakan. Namun ingat anak itu pintar jadi kita juga harus siapkan dana, jangan terlalu pelit juga.

Oh ya ini link tahun lalu https://putimanira.blogspot.com/2019/08/survey-sd-20192020.html (kemungkinan besar naik tidak terlalu banyak karena apa sekolah juga cari murid aka cuan ..

Sekian dan Pusing selalu karena PJJ *lol*..

#sekolahbandung

Comments

irni said…
Hallo mbak puti, salam kenal :)

Iya SFH emang PR banget ya buat emak-emak ini. Aku kebetulan gak bisa mendampingi karena kerja. Jadilah belikan anak tablet buat sekolah pluss biar aku bisa ngubungi juga kalau gurunya ada kasih pengumuman.

Selain SFH masih ada les online juga. Mabok deh, hahahaha
Puti Manira said…
Iya betul mom Irni, semoga pandemi cepat berlalu lah ya :D
Anonymous said…
Haloo mba salam kenal,

Memang cari sekolah gampang2 susah ya.. seperti mencari jodoh.. hehe
Saya saja mah bingung nih cari sekolah SD islam karena banyk bgt, mgkn ada rekomen SD islam tp menerapkan bilingual daerah bandung tengah? , karena pandemi bgini jg susah untuk mobilisasi survey2 heheh
Puti Manira said…
Halo mom, thanks for viewing this blog, kalau Bdg Tengah bilingual ya Al Azhar kayanya SD lain kurang ya untuk bahasa tapi kalau kata saya dan ada waktu bisa antar les, untuk bahasa bisa les di luar atau ambil online karena adaptasi pelajaran kls 1 lumayan cukup melelahkan :D

ini sedikit info utk bagian wilayah:
https://putimanira.blogspot.com/2020/11/tk-sd-di-bandung-based-on-area.html