tujuan melanjutkan sekolah?

Berhubung kepala kadang ngebul maka dari itu saya kadang jawab-jawab pertanyaan di quora dan seru juga sih buat saya yang demen ngomong panjang lebar kalau ditanya sesuatu yang udah pernah dilakukan. Nah salah satu pertanyaan menarik, krn kemarin ada ngobrol soal ini juga di WA.

"Kak, kalau lanjut S2 worth gak sih?"

"Kak, mending kerja apa S2 dulu nih?" dll pertanyaan serupa..

Dulu juga saya sempet pengen banget lanjut S2, apply beasiswa, ke luar negeri dsb cuma ya typical sih ya udah nyari duit males, lalu gak ada dana juga wkwkw. Apalagi begitu melihat kelakuan orang2 dengan degree yang nyampe level Doktor tapi attitude nya minus hehe, meski yaaaa degree itu ya hanya degree, kalau sifat bawaan orok dan karakternya akan sulit diubah.

Jadi kalau ditanya sekarang di umur yang dlm beberapa tahun lagi menuju 40, wow tua juga 😁, apakah mau lanjut S2 dengan dana sendiri? Jawabannya tidak, why? kalau pun ada dana sedikit, kata temenku S2 di Unpad jurusan linierku itu 9,5 juta per semester which is ada sih utk skrg mah 😁 tapi teuteup enggak sih, karena tidak ada kepentingan untuk gelar master ini.

1. Saya guru bukan dosen, dan tidak ada kepentingan jika saya S2 maka gaji saya naik jadi 10 juta, kalau pun ada duit mungkin lebih ambil sertifikasi. Kerjaanku yang lain juga belum butuh magister nih..

2. Lebih baik dananya buat si faya atau malah gw save buat nanti dia bisa language course di Aussie or Singapore,

3. Lebih baik ku travelling ke europe hehe, meski tidak sebanding tapi preferance ku ya itu

4. Di usia gw yang tuir ini, ambil S2 selesai menjelang 40, mana ada Uni yang mau nerima, udah terlalu tuir, anak magister lainnya umur 24 25 loh, dan dosen itu yg swasta biasa mah hanya UMK, gak sebanding dengan duit yg kita udah keluarin buat Magister

5. Waktu, belum kebayang tugas dll nya, tugas proyekan gw, jadwal teaching dll + HOREAM mah sigana ambyar oge.

TAPII kalau kamu misal PNS dengan ngambil S2 bisa naik level ya why not, usia masih muda dan mau jadi dosen, tentu ambil, duit banyak udah gak tau mau diapain lagi, ya sekolah lagi aja, inshallah ilmu mah gak kemana.

Saat ini skill lebih penting dan dilihat, bukan cuma karena di belakang titel nya ada M. Hum, misal, saya liat profil di linked in ya, dia lulusan negeri jur bahasa bukan English sih, lalu dia udah beres S2 dan pernah juga ikutan program di luar. Mau tau gak kerjaannya skrg apa? Dosen di lembaga pendidikan pengembangan profesi, part time juga, waduh sayang.. tapi untung doi masih muda. Selama ini pengalamanku sama bule, jarang nanya degree, lebih ke, lo bisa ini gak, coba lo kerjain ini gw liat hasilnya sesuai gak?

Setelah melihat perkembangan IT dan Language, lebih tertarik utk ambil course Phyton (programming language) meski pasti njelimet 😂, oh ya banyak pisan lulusan S2 yang minim pengalaman kerja gak laku di pasaran, krn mereka expect harga ketinggian, employer juga males recruit, lebih baik ya rekruit S1 atau malah D3 yang programnnya siap kerja.

Jadi kalau budget pas-pas an dan memang ke depannya kurang menghasilkan cuan coba pahami lagi tujuan untuk lanjut sekolah, kalau saya memang prefer buat faya, malah kepikiran buat jadi tenaga kerja asing di luar supaya faya bisa merasakan pengalaman bersekolah selain di Indonesia. Good luck for everyone.. 

Comments