Teacher Preparation #englishassecondlanguage #eslteacher

Untuk menjadi guru sekolah memang tidak lama saya jalani, guru TK setahun-an, kemarin di SD temporary dan itupun online hanya 1 semester pas awal-awal lockdown. Tapi di lembaga yang sudah 3 tahun lebih saya jalani banyak sekali ilmu dan panduan, How to be a good teacher 😁, meskipun 'hanya' lembaga tapi lumayan juga prep nya banyak:

1. Observasi

Hal ini penting ya kalau mau mulai ngajar sebagai guru kita perlu observasi kelas seperti apa supaya tau situasi kondisi keadaan kelas, murid, dan saat sesi mengajar seperti apa. Biar kebayang, oh anaknya gini, oh kudu kaya gini, oh ya bener pake games seperti ini dan sebagainya. Karena nanti shock kalau gak tau sikon sebenarnya.

2. Lesson Plan

Beberapa lembaga hanya memberikan buku teks saja sebagai panduan namun tetap saja Lesson Plan atau rencana pembelajaran itu penting. Minimal kita harus mencatat hari ini mau ngajar apa sih, kalau saya kerjasama dg rekan2 itu gak perlu ribet buat LP, karena beberapa sekolah itu sampai menghabiskan waktu yang penting poinnya,

- Topic/ Theme (mau bahas tentang apa)
- Materi mau membahas bagaimana atau dari apa misal buku, gambar, video atau yang lainnya
- Worksheet atau latihan soal, mengerjakan apa lalu target/ goal nya apa
- Aktivitas lain (membaca, menulis, speaking untuk bahasa)
- Games (usahakan ada supaya gak bosen)

*Media yang diperlukan apa saja

Lesson plan yang lengkap biasanya meliputi: berhubung saya ngajar bahasa jadi setiap pembelajaran mencakup READING WRITING LISTENING SPEAKING, tidak setiap sesi harus ada semua bisa dimix sesuai kebutuhan dan keadaan murid.

Indikator, Asesmen dan Strukturnya apa lalu dalam setiap aktivitas dijelaskan secara detail dalam LP, contoh:

Kegiatan:

Reading book about Hungry Catterpillar (Teacher tells student that it's reading time and shows the book cover, asks student, what is it? what animal is it?, tells the story and involves students about the book, asks also about their favorite food?

Apa harus sesuai dengan LP 100%? tentu tidak ya kita juga menyesuaikan, beberapa kali saya ganti topik karena harusnya tema/ kegiatan ini lebih pas kalau anaknya banyak, pas pada gak masuk ganti

3. Jadi asisten guru

Jika masih merasa belum PD pegang kelas coba masuk kelas selain observasi bisa bantu main teacher dan minta satu role untuk activity, apa story telling atau menjelaskan materi atau memandu sewaktu mengerjakan worksheet.

4. Latihan di rumah

Ini saya sih 😂 biasanya kalau masuk kelas baru suka gugup lalu saya ngomong sendiri malem2 sebelum tidur.

5. Persiapan lainnya

Alat bahan, worksheet biasanya suka saya cari2 yang pas jadi gak cuma sekedar comot aja, saya juga rajin download source cambridge, oxford atau british council. Kalau sebelum pandemi ada beberapa kegiatan yang membutuhkan lebih banyak prep contoh fieldtrip kudu survey, tema cooking belanja bahan, project/ perform sampe nyiapin kostum dan lain sebagainya.

6. Asesmen, rapot/ nilai dan sertifikat

Ngisi rapot bisa pake sistem atau manual, kadang indikatornya buanyak sekali 😂 padahal intinya A B C atau 70 80 90 100. Sekarang juga serba sendiri bikin report atau certificate, canva to the rescue pokoknya untuk saya.

Semoga berguna

Comments