I did business since I was a little Gurl

Setelah dipikir-pikir, gw ga nyangka bahwa si kecil gw bisa juga bisnis.

Waktu SD, gw pernah bisnis lucu-lucuan bikin tabloid sama beberapa temen deket gw. Kita sharing tugas bikin article terus gw ketik di kompi, di-print dan akhirnya diperbanyak dengan difotokopi. Kalo ga salah harganya 100 perak per tabloid. Ini jelas iseng, karena isi artikelnya juga kebanyakan ngaco tapi gw nyesel kenapa gw ga simpen satu aja original master piece nya, bisa jadi unforgettable memory. Cuma memang ga berlangsung lama, gw juga lupa itu berlangsung sampe berapa edisi?, 1 yang gw inget, tabloid itu sampe dibeli sama adek kelas dan profitnya dibagi-bagi ama temen-temen gw, seinget gw kita dapat seribu per orang dari profit bikin tabloid itu.

Waktu SMP, gw jualan pin-up dan poster artis (caelah artis, kamana atuh artis hehe) saking numpuknya pin up poster yang gw dapet gratis dari majalah abg (such as Gadis, Kawanku, Aneka, dsb) jadi gw pikir buat jual. Memang ga terlalu sukses tapi lumayan lah masih ada yang beli juga :). Gw jual pin-up seharga gope alias 500 perak dan poster seharga 1000 perak.

Saat menyadari, jualan poster dan pin up kurang begitu sukses, bisnis pun beralih ke pambajakan kaset (hahaha), since I have 2 big broz so kalo digabungin koleksi kaset gw dan kedua kakak gw, cukup banyak. Walhasil terpikirlah ide buat ngerekam lagu di kaset kosong sebagai bisnis. Bisnis yang ketiga ini cukup sukses dari kelas 3 SMP sampe gw kelas 2 SMA :). Gw bahkan masih menyimpan list-nya mulai dari yang bentuk tulisan tangan sampe ketikan punya. Emang sih pilihan lagu nya terbatas tapi lumayan juga tuh, dari hasil bisnis, bisa beli kaset baru lagi malah hehe, bahkan temen smp gw sampe ngejar bikin kompilasi pas gw udah di SMA, buset ga tuh hehe. Kalo ga salah (cos these were happened years ago) gw menetapkan harga 7500 untuk durasi 60 menit dan 10000 untuk 90 menit dengan syarat kaset sendiri, kalo dengan kaset yg durasi 60 menit 10000 yang 90 menit 15000. Tapi akibat dari bisnis ga legal gw itu (cos pembajakan merupakan hal yang illegal bukan ;p) tape bokap gw jadi rusak, untungnya bokap gw ga marah ;).

Pas kuliah, gw sih ga bisnis apa Cuma mungkin lebih tepatnya, memanfaatkan ilmu dengan mencari uang. Since I’m learning English (until now) so gw jadi penerjemah, lumayan lah selembar nyampe 1500 sampe 10000 and I’m doing that until now where I am working and have a real job, tapi udah lama juga nih sepi order.

Gw jadi kepingin bisnis lagi tapi bingung juga, mau bisnis kue, males bawa dari bdg ke jkt, mau bisnis baju takut ga laku, nah itulah orang local belum apa-apa udah takut. Harus belajar dr Chinese, berani rugi tapi pelitnya setengah mati makanya cepet kaya mereka, ga kaya kite. Tapi kira-kira bisnis apa ya?

last day on Oct,,,,a writer who is totally sick with her bosses

Comments