The weirdest interview ..

Masih terheran-heran, kenapa gw, di 3 bulan terakhir ini, begitu malasnya blogging, sumpah males banget, padahal unemployed which is now, I’ll go if I have interview, psikotest, etc etc or have a training ;p .. or on wiken and that’s not the whole week or even the whole day tapi maleeesss banget, dan ga Cuma itu aja, gw pun begitu malesnya nonton dvd … unless my fave one … entah jadi begitu sangat pemalasnya diriku ini ..

BY THE WAY ..

Cos I’ve just resigned and not directly get a job but offered two jobs after 2 weeks of my resignation hehe .. so I followed interviews again ..

And I had the weirdest interview ..

So gw, dapet info bahwa ada lowongan posisi admin di salah satu provider baru yang pake ikon agnes monica, u know, so berangkat lah gw, karena persyaratannya adalah kudu dateng langsung. I was kinda excited cos you know, kalo ditanya lo mau kerja di 3 perusahaan kaya apa, gw pasti menjawab :

  1. Provider Telekomunikasi
  2. Perbankan
  3. Majalah Fashion

Karena nyampe agak siangan and since I think I was just gonna dropping out the cv so, sampe ke tempat sekitar jam ½ 12 an, and u know being and unemployed again, it means, your bed time is upside down, am I right? Day becomes night and vice versa and blah blah blah.

Feeling gw berangkat, takutnya nih langsung interview jadi yah gw pake celana kaen trus kemeja tangan pendek, casual but formal enuf and ternyata bener aja tapi karena mepet pas lunch time jadi gw disuruh tunggu after lunch which is one hour later at 1 o’clock.

Untungnya di sebelah ada food court and supermarket jadi bisa lah nongkrong sambil makan siang juga.

Setelah jam 1, gw balik ke kantornya, ternyata para bos itu yang berwenang melakukan wawancara masih pada belom dateng dari makan siangnya walhasil nunggu dah di dalemnya, ya iyalah nunggu di luar panas bos.

Setengah jam, satu jam udah lewat, bikin pegel juga, tapi yah setelah dihibur oleh bayangan situasi kerja yang kantornya cukup keren, gw masih semangat, eh setelah satu setengah jam belum dateng cukup bikin ngantuk, akhirnya setelah hampir 2 jam lebih nunggu mulai pada dipanggil ntu orang-orang yang udah pada ngantri interview. Untungnya yg ngelamar admin Cuma gw doang, sisanya para cowo yang ngelamar jadi canvasser, eh tapi ko perasaan gw dateng awal yang dipanggil duluan malah cowo-cowo itu. Akhirnya gw Tanya si satpam, “Pak, emang yang diinterview yang posisi canvasser dulu ya?” secara pantat gw udah pegel duduk terus. Lalu si pak satpam menjawab, “Soalnya mas-mas itu udah dateng dari Pagi mba, karena kepotong jumat’an (since that day was Friday) jadi dipending siang”

Dan gw Cuma bisa menjawab “oh dan terima kasih”.

Masih bisa bersemangat saat itu, karena kalo jadi keterima nih, wuih udah terbayang suasana PKL dulu di provider hp pertama di indo (tau kan jawabannya) dulu. Asik lah, gpp kalo sabtu kerja juga gaji gak terlalu gede.

Tapi masih tetep nunggu *lama* … ^@^ ..

Akhirnya, karena udah keliatan kaya orang gak sabar, yah bayangin lo dateng jam ½ 12 trus sampe jam ½ 4 belom dipanggil juga … hufthh, akhirnya si pak satpam nyamperin gw, “udah ini giliran mba ko” langsung gw mesem-mesem malu, “iya pak, pegel nih, makasih ya”

Dan akhirnya pun masuk ke ruangan interview. Pada awalnya biasa, ditanya ini itu, kuliah dimana, ortu, rumah dimana, blah blah blah dengan dua orang bapak-bapak.

Tapi yang bikin aneh adalah, jadi si bapak yang satu itu kan nanya, kamu bisa excel-word-powerpoint, trus yah gw jawab bisa, dia Tanya lagi selain itu apa, yah gw jawab, access-vision-photoshop paling basic nya aja pak, ngulik2 sendiri, kalo input data base sih bisa gw bilang, trus dia jawab, oh kamu suka ngulik-sendiri gitu ya, bagus lah



Trus dia liat sertifikat les bahasa mandarin gw, oh kamu belajar mandarin juga, dia liat sertifikat gw lainnya yang cukup tebel dan bikin tekor kalo emang misal kirim lamaran via pos, I still hate it you know ;p

Tiba-tiba bapak itu bilang, udah aja kamu gak usah kerja, kamu kan orangnya suka belajar ya saya liat, ga perlu kerja, belajar aja trus yang kamu ingin.

Gw bilang, eh lo pikir kursus ini itu gak pake duit apa, iya kalo gw anak super duper orang kaya yang males kerja udah aja jadwal gw teh meureun, selain kuliah s2;

Senin --  kursus masak
Selasa – kursus bahasa mandarin
Rabu – kursus computer
Kamis – kursus piano
Jumat – Yoga Pillates etc etc
Sabtu – Kursus Makeup
Minggu – another yoga pillates etc etc

Haha ngayal tingkat tinggi .com eh tapi kalo gw anak orang super duper kaya, saya mungkin sedang menyelesaikan thesis di Princeton saat ini hahaha ..

Ok, anyway gw sebenarnya menjawab, yah pak, saya kan ingin mandiri, menghidupi diri sendiri, akhirnya gw menjawab itu.

Eh dia trus Tanya tentang hobi blogging gw trus dengan kekeh jumekeh nya bilang, udah aja kamu seriusin di bidang itu, kan bisa menghasilkan, dia bilang, what, ne orang aneh atau emang gaya dia merekrut orang dengan tidak memberikan semangat bekerja namun menyemangati untuk tidak bekerja, what a weird, dan masih dengan gaya kekeh nya dia, dia bilang gini, apalagi kamu kan kuliah jurusan bahasa, udah aja, buka kursus bahasa Inggris, kan lumayan tuh

Dan gw jawab dengan jurus gw biasanya plus senyuman termanis mungkin dengan omongan dalam hati, ok pak, saya buka kursus bahasa Inggris kalo bapa jadi donatur pertama nya ya, ga banyak ko pak biaya yang dikeluarkan, cukup 500 juta aja .. wew

Tapi sumpah loh, interview tersebut adalah interview teraneh, gw bahkan baru diomongin gak usah kerja, gini aja, gitu aja, untuk yang pertama kalinya. Palingan kan interview tuh ditakut-takutin, eh kerjanya gini loh, lembur sampe jam 4 pagi ahaha ngelamar jadi hansip kaleeeee, ato gak kerjaannya pusing loh, melibatkan banyak angka, jadi kamu harus seteliti mungkin, dan seperti itu bla bla bla, bukannya malah apa ya istilahnya, ko gw jadi bingung, decrease your spirit to have another new job, am I right.

Udah gitu, yang bikin dongkol, ceritanya ga Cuma berenti sampe disitu sodara sodara, ternyata lowongan admin itu bukan untuk ditempatkan di kantor tersebut … YA E LAH .. udah ngayal tingkat tinggi taunya buat distributor nya which on Saturday I have to work tapi karena udah males, gw bilang iya iya iya aja (biar cepet ;p) trus dia bilang lokasi distributornya yang dimana bukan lokasi perkantoran yang gw inginkan di tengah kota, hufthhhh …

Kesimpulannya, gw gak ditelpon pihak mereka itu, entah karena gw kepedean or way too qualified yah itu sama aja dengan kepedean non.

Bulan puasa 2010 .. aduh ko makin males yah ama puasa … cant get enuf coffee tapi kan sebenernya gw itu menikmati the rest of 11 months of coffee consuming .. hiks hiks .. emang godaan tuh jauh lebih berat kalo udah beranjak dewasa halah, waktu kecil mah, fine2 aja, puasa 3 bulan kayanya bisa dihajar ;p

Comments

kiebond said…
wah kalo soal pengalaman interview jd pengen koment nih...pengennya juga nyeritain satu persatu interview aneh yg aku alamin jg..tp ntarnya jd nge-posting di blog orang lagi..:D

Tp pernah ada pertanyaan dari diri sendiri gak sih soal kejenuhan ngadpein interview, test kerja yg kalo dipikir2 tolak ukurnya gak jelas, dengan kata lain penilaiannya tetap di subjektivitas si penanya...menilai profesionalisme yg di interview tp perusahaan sendiri dari ngatur jadwal interviewnya sendiri seenaknya. Pernah suatu ketika, disebuah lembaga pembiayaan (BPR) udah datang pagi2 banget..baru di panggil jam 5 sore, dan tau gak ketika masuk ruangan si nyonya direktur dah siap2 mo pulang...dgn terpaksa dia nginterview hanya lima menit dengan kata pamungkas "tunggu panggilan berikutnya". Dengan wajah perang aku keluar ruangan sambil pandangin semua pegawai di situ dan nyeletuk kalo "kalo hanya interview 5 menit karena buru2 mo pulang dan cuman disuruh nunggu panggilan lagi keur naon ngadagoan ti isuk !!!"...

hahaha..bener2 emosi itu spontan keluar, bayangin aja abis JaWa (jaga warnet) malem, jauh pula di cileunyi..datang pertama dipanggil terakhir cuman itu hasilnya. Mungkin kurang ajar ya aku sampe emosi begitu...alasanya cuman satu Karena ada teman yang bilang.."tidak boleh seperti itu, kita kan yang butuh"....what the hell...emang seperti itu ya logikanya?
Puti said…
gpp atuh, cerita aja, mo komennya sampe 10 halaman juga teu nanaon itung2 latihan blogging, kan katanya pgn nge-blogging ;p ..

yg paling menjemukan sih yah proses tunggunya, yah tunggu interview, yah tunggu hasil, yah tunggu test ..

memang kadang2 ada bbrp perusahaan (perusahaan kecil malah) menyeleksi pegawainya dgn test2 yang banyak dan sulit padahal kan sesuai dgn job desc aja .. meski memang kualifikasi cv yg hebat aja gak cukup untuk menilai seorang karyawan ..

biasanya itu kurang sinkron antara employer dan hrd nya, harusnya mereka menyesuaikan jadwal dan mengkondisikan waktu nya, jangan sampe 22 nya rugi .. ;) tapi emang wayah na sih eta mah ;p