Saturday, 11 September 2010

dr Kbr Indo .. (lagi ;D)

Internship Experience
Oleh : Puti Manira | 27-Okt-2008, 13:18:48 WIB
KabarIndonesia - Perkembangan dunia telekomunikasi terus mengalami kemajuan dalam beberapa tahun. Teknologi selular pun ikut berkembang seiring dengan pesatnya dunia telekomunikasi.

Teknologi AMPS (Analog Mobile Phone System) merupakan awal dimulainya teknologi selular di tahun 1990 kemudian berkembang dengan adanya teknologi GSM (Global System for Mobile Communication).

Seiring dengan itu, PT Telkomsel muncul yang merupakan operator pertama kemudian diikuti oleh beberapa operator-operator lainnya. Saat ini terdapat tiga operator yang memiliki pangsa pasar terbesar di Indonesia, yaitu PT Telkomsel, PT Indosat dan PT Excelcomindo Pratama. Hal tersebut menyebabkan persaingan dimana para operator berusaha untuk menjadi yang terbaik.

Untuk mempertahankan posisinya di pasar telekomunikasi, PT Telkomsel berusaha untuk memperbesar pangsa pasarnya dengan meraih potensi yang ada.

Usaha tersebut dilakukan dengan pemberian pelayanan dan kepuasan untuk pelanggan juga pemanfaatan produk yang digunakan dan didukung oleh peranan setiap departemen di PT Telkomsel.

Selain itu, PT Telkomsel merupakan salah satu perusahaan berkelas yang memberikan kesempatan mahasiswa melakukan praktik kerja lapangan dengan tujuan peningkatan kualifikasi di perkembangan wilayah bisnis.

Oleh karena itu, esai ini akan mendeskripsikan struktur organisasi PT Telkomsel, peranan Departemen Channel Management dan aktivitas selama PKL. 
                            
Struktur organisasi PT Telkomsel telah mengalami penyesuaian posisi manajemen untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Secara umum, bentuk organisasi PT Telkomsel dipimpin oleh Direktur Utama dibantu oleh Direktur Niaga, Perencanaan dan Pengembangan, Keuangan, dan Operasi.

Setiap wilayah dipimpin oleh seorang General Manager Sales & Customer Service yang mengawasi serta mengelola kegiatan penjualan dan pelayanan regional untuk Grapari dan seorang General Manager Network Operation yang mengawasi serta mengelola jaringan. Secara umum, terdapat lima departemen yaitu, Marketing, Channel Management, Corporate Account Management, Human Resources & Administration, dan Grapari.  

  
       
Departemen Channel Management dibagi menjadi tiga sub departemen yaitu, Dealer, Gerai Management dan Distribution Planning. Meskipun tugas sub departemen Dealer dan Gerai  Management sama yaitu identifikasi, analisis, perkiraan permintaan pasar atas produk dan pengembangan rencana penjualan distribusi, terdapat perbedaannya yaitu bentuk bisnis yang bekerjasama untuk promosi produk dan penyediaan layanan merupakan Dealer, sedangkan Gerai merupakan kantor pelayanan dan saluran distribusi langsung yang berfokus pada kartu halo.

Untuk tugas Distribution Planning adalah memonitor, mengevaluasi dan memprediksi efektivitas dan kontribusi produk juga koordinasi permintaan produk

Selama PKL, terdapat beberapa kegiatan di Departemen Channel Management yaitu, distribusi surat-menyurat, arsip surat masuk - keluar, distribusi peralatan tulis kantor, administrasi pos material dan souvenir, memfotokopi dan menfax berkas-berkas penting.

Aktivitas tersebut bertujuan untuk identifikasi dan evaluasi file yang mendukung distribusi produk, feature dan souvenir sebagai salah satu kelebihan Telkomsel.

Kesimpulan yang didapat tentunya mendukung peranan setiap departemen untuk kelancaran pelaksanaan program sehingga memenuhi permintaan pasar yang merupakan hal yang penting bagi perusahaan yang bergerak di dunia telekomunikasi.

Sumber: selama penulis PKL di Telkomsel tahun 2005 dan http://www.telkomsel.com/

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...