Saturday, 6 August 2011

dari blog lama ^_^

---->> di.et <<------

-serious-

Wanita dan diet adalah dua hal yang tak terpisahkan. Banyak wanita, termasuk saya, yang mempermasalahkan soal diet. Padahal diet sendiri mengandung arti yang cukup berbeda dari wanita-wanita yang menjalankannya. Jika didampingi dengan ahli gizi atau panduan sebuah buku, maka anda bisa dibilang melakukan diet. Tapi kebanyakan, terutama remaja hanya sok-sok an diet.


 
-semi formal-

Saya termasuk yang beruntung, ibu saya mempunyai badan yang tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Bahkan jika mendengar cerita beliau, saat remaja beliau termasuk kurus, dibandingkan dengan saya. Terkadang, para wanita memang dipusingkan dengan masalah berat badan, termasuk saya sekali lagi. Pernah saya mencapai 50 kg, yang kata teman saya ‘itu mah masih kurus’ tapi saat itu saya sudah seperti dihantam angin badai. 

Dulu saya termasuk anak yang kurus karena agak susah makan, sekarang tepatnya saat kuliah ekstensi, entah karena siklus kehidupan yang berubah dimana banyak melakukan aktivitas di malam hari, maybe yes maybe not, saya jadi banyak makannya (kalau kata cowo saya sih, rewog alias rakus) ditambah lagi cara makan saya yang cepat. 

Terakhir ditimbang berat badan saya, 46 kg, kalau pendapat saya sih, average, pas lah cuma kurang sedikit aja tinggi, my height is 156 cm. Sekarang sih berat saya yah kayanya sih sama lah kurang lebih, cowo saya sih bilangnya saya masih kurus, entah karena para pria sukanya wanita semok (seksi montoq), pas reunian kemarin, teman-teman sma saya bilang, saya kurusan tapi saya sih ngerasa tetep-tetep aja, paling kalau naek 1 atau 2 kg lah, guru mandarin saya juga bilang gitu, ‘tapi kok kamu kurus yah’. Emang sih, setelah liburan semester 7, saya ngerasa kurusan coz lagi ga mood makan tapi sekarang, wuih nafsu makan, tetep.
 

-totally casual-
 
Berat badan saya emang lumayan cukup stabil dari dulu, paling drastis ya itu, 50 kg. Waktu itu saya sok-sok an diet, padahal namanya sih sama sekali bukan diet. Saya selalu skip makan siang. Waktu itu saya sering pulang kuliah jam 3an, pas laper saya cepet-cepet tidur jadi pas bangun menjelang maghrib, mandi terus makan agak banyak. Malem pun gitu, kalo ngerasa laper langsung tidur. Tapi kayanya sekarang ga bisa deh, emang sih turun 3-4 kilo lah, back to the normal weight. Saya juga jarang ngemil coz ga dibiasain beli cemilan. 

Nyokap, emang tipe orang yang jarang beliin snack ato keripik-keripikan tapi pas udah gede sih, ngambil sendiri sih, paling pas belanja bulanan aja suka borong cemilan, itu juga ga banyak-banyak. Saya juga kurang suka ngemil yang manis-manis, suka yang asin-asin kaya keripik singkong, lays, pringles, hmm btw jadi pengen, he he he. 

Suka sih yang manis kaya coklat ato cheese cake, tapi giung (kemanisan) ah. Saya juga kadang-kadang suka ng-indomie malem-malem atau makan lagi bahkan tapi dikit cuma ga ngemil, kayanya yang bikin gendut ngemil deh (berdasarkan teori yang saya teliti, cieehh). 

Oh iya kadang-kadang juga saya suka jajan di warung beli cemilan kalo lagi pengen tapi emang baru beberapa tahun belakang ini. Ya, alhamdulilah, berat badan, tetep lah, emang sih taun kemaren, pengen banget 45 kg aja, berhasil sih da bulan puasa tea. Sekarang berapa ya, besok ditimbang ah hehe susah banget sih minta dibeliin timbangan. Paling kalo udah 48, baru ngurusin lagi ampe 45-46 lah.

tips dari aqoe:
 
1. tetep makan 3 kali sehari, yang biasa makan nasi dari kecil, usahain jangan ngubah jadi makan kentang atau roti atau apalah, tetep aja nasi kecuali elo emang turunan orang bule yang biasa makan kentang, lagian makan kentang katanya bisa bikin cepet tua loh,
 
2. jam makan juga usahain stabil, makan pagi jam 6-9, makan siang jam 12-2, makan malem atau yang biasa sore sebelum jam 9/8, teori makan setelah jam 7 malem bikin gendut kayanya engga juga deh, jadinya pas laper pas makan, bukan jadinya Cuma makan 2 kali sehari yang lainnya ngemil,
 
3. usahain pilih buah/minuman lah daripada cemilan, meski susah sih, pilih mana apel atau keripik singkong rasa keju bakar? Ouch, tough choices,
 
4. puasa, hehe, bener loh puasa juga ngurusin tapi emang ada juga sih yang gila-gilaan makan abis buka,
 
5. jangan tergoda buat ngeborong cemilan, pilih 1 ato 2 macem aja, itu juga yang ukuran kecil ato medium, avoid jumbo size truz usahain borong cemilannya pas belanja bulanan aja ama nyokap,
 
6. kurangi soft drink, coklat, kacang dan es krim, emang enak sih tapi jangan beli tiap minggu dong, sebulan sekali, 3 bulan sekali, 1 tahun sekali, ??
 
7. puasa makan, just drink, eh tapi ga efektif deng, jadi gw Cuma minum air putih/pocari sweat ama ngopi paling, tapi sekali lagi, ga efektif,
 
8. biasanya sih kalo makan di luar ato makan siang biasanya gw pilih yang non-nasi (awalnya sih karena gw piker klo mau makan nasi, yah di rumah aja secara bosen juga gitu nyokap sering masak and sering beli masakan warteg) jadi pilih pempek, kupat tahu, lontong, hotdog/burger, steak, pokonya yang ga ada nasi biar ga bosen (loh katanya harus nasi?!>>biar ga bosen gitu)
 
9. exercise, apapun lah, jalan pagi, ngepel, naik tangga 30 kali balikan, yang bikin keringetan, enaknya pagi-pagi, gw sih sebelum exercise biasanya nge-teh manis/mimi cucu/bikin mie gelas ato bikin energen, biar ga puzing n lemez!!
 
-berhasil-kah-, duno, gw sih iya!!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...