Monday, 27 May 2013

Kyaraben Bento


Kyaraben bento adalah seni menghias bento atau makanan package untuk bekal di Jepang. Hiasannya cukup meragam namun karena memang ditujukkan untuk anak-anak kebanyakan tentang tokoh kartun dan sejenisnya. Nah sebenernya gw udah kepingin bisnis bento hias untuk paket ultah anak-anak dari tahun 2011 an mungkin ya, tapi mencari si orang yang pinter kyaraben bento ini cukup sulit di Bandung. Bisnis ini juga rencananya bakalan dijabanin di Bandung soalnya gw cukup tau beberapa pre-school di Bandung yang akan menjadi target marketnya. Akhirnya ter-pending, lalu kemarin iseng-iseng searching voucher promo gara-gara latah di kantor. Adalah ini voucher kelas workshop bento, langsung dong gw ngajak my besty lenny buat ikutan ini, lumayan murah sih 100 ribu dapet package bentonya.

Meski cukup jauh tempatnya di Jakarta Barat sana tapi akhirnya Sabtu siang kemaren kita berhasil juga kesana. Kelasnya dimulai sekitar jam ½ 12 an lewat, molor dikit pas kita juga datengnya telat gara-gara nyasar hehehe. Tempatnya agak sempit juga sih dan kita Cuma duduk di kursi biasa menghadap si owner my meal box (oh ya lupa yang ngadain acaranya adalah my meal box yang kayanya sih bento hias pertama di Jakarta). Lalu setelah semua ngumpul, si mas yang namanya gw lupa siapa, mulai menjelaskan, apa sih kyaraben bento itu, alat-alat yang harus disiapkan, bahan-bahan dasar, lalu contoh gambar bento. Yang gw tangkep dari situ hehe, since I was not making notes *ahahaha gak niat dan gak bawa kertas juga adalah:

-          - Alat-alat dasarnya sebenarnya cukup mudah, gunting, cutter pen untuk membentuk pattern dan bolongan kertas untuk bentuk mata dan lain-lain. Untuk alat khusus lainnya yang bentuk pooh, bear, dll itu sebenarnya bisa di purchase lain waktu dan kalau udah expert juga dan  masih bisa didapatkan di toko-toko impor jepang yang jual alat-alat begituan. Lalu untuk pattern sebenernya tinggal nge print aja lalu gunting nanti di telur dadarnya bisa dibentuk pake cutter pen.

-          - Bahan dasar nya sebenernya juga simple, untuk bentuk aneh-aneh itu sebenernya mereka cukup pakai telor yang dicampur tepung maizena agar padat. Sebagian pakai keju tapi karena mudah meleleh jadi better pake telur yang didadar, lalu bahan lainnya tentu rumput laut yang jadi hiasan mata hidung dll. Sayuran, nugget, jagung, brokoli, telur puyuh, kacang polong, spaghetti untuk semacam tusuk gigi karena bisa dimakan, mayonnaise untuk lemnya, sosis, wortel, dll.

-          - Untuk mewarnai nasi dengan aman bisa memakai 4 bahan, ubi kuning, buah bit, kecap asin dan kacang polong. Tadaaa nasi berubah menjadi kuning, ungu, coklat pucat dan hijau.
   
     Setelah si narasumber menjelaskan hal tersebut, mulailah dia praktek membuat 4 macam bento. Yang dua bahan utamanya dari telur dadar tadi, yang dipisah kuning dan putih telurnya, satu dia bikin bebek, satu dia bikin spongebob *huaaa tampak mudah sekali dia bikin. Dua bento lagi dari nasi warna tadi, bikin lebah dan beruang. Dari sosis juga dia bisa bikin cumi-cumi.

      Gw pikir tadinya wah kalau kita nya gak ada praktek rugi juga ya tapi taunya ada, kita dikasih satu boks gitu isinya nasi kuning dan hijau dan beberapa printilan pelengkap. Sempet bingung juga tapi karena kayanya mudah bikin lebah, akhirnya gw bikin iniiii.





Huehehe salah kupingnya yang harusnya pakai kacang polong gw malah pakai sosis yang mana itu jadinya beruang hihi. Karena emang ni tangan udah gak kreatif makanya gw sebisanya aja, lagian si narasumbernya juga sibuk dgn satu ibu-ibu dan ibu-ibu yang lainnya udah pada kreatif sendiri-sendiri. Lenny cukup berhasil, fotonya di atas, bahkan telur puyuhnya berhasil dibuat kelinci.
     
     Ya lumayan juga sih dengan harga seratus ribu dapet ilmunya meski Cuma dikit hehehe. Gw pikir tadinya kita bakal dibagi beberapa grup di satu meja yang bahan dan peralatannya cukup lengkap. Jadi pas si narasumber praktik kita juga ngikutin dia step by step. Jadi apakah siap bisnis bento, hmm tampaknya tidak hahaha, minimal bisa bikin 4 pattern, 2 tokoh kartun buat anak cowo dan 2 buat cowo. Tapi ya doakan saja semoga bisa terelisasikan dlm waktu dekat, amin.

2 comments:

Evi Sri Rezeki said...

eh leniw juga ke Jakarta ikut kelas itu?

Puti said...

iya jeng karena rencananya kita bakal bisnis bareng hehe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...