Thursday, 30 January 2014

Pre-School & Kindergarten

Bingung mau nge-blogging apa mending sharing work experience selama ini karena untuk tema lain hmm gak ada yg ahli hehehe. Seperti yang sudah di”narsis”kan di hampir semua blog, gw nyari duit mungkin udah dari SD kali yah aha dan mulai kerja umur 20 sebelum wisuda D3 tapi memang officially kerja umur 22 di Kelapa Gading Jakarta. Kerjaan temporary itu adalah ngajar anak SD kelas 1-2 di tempat kursus bahasa Inggris di cabang deket rumah yang tinggal jalan kaki dimana main course nya di jalan ganesha samping ITB yang sekarang jadi warung pasta, jadi asisten sekretaris atau typist di perusahaan jasa catering rumah sakit, salah satu kliennya adalah RSHS juga sebagai librarian atau admin plus plus hehe di salah satu international school di daerah dago pakar Bandung. Kenapa gw bilang temporary karena periodenya sebentar.

Sesudah mengakhiri *halah, kerjaan temporary di Bina Bangsa akhirnya gw mengambil kerjaan di Kelapa Gading Jakarta sebagai admin sebuah pre-school baru yang judulnya international school karena pake kurikulum Singapore. Karena emang gak tahan nganggur akhirnya gw mengambil kerjaan ini setelah gagal masuk di TelkomVision daerah Tebet sana dan jadi penerjemah di Bank Akita Jepang.

Pre-school dan KG ini terletak di daerah Kelapa Gading Jakarta Utara, gw milih juga karena deket travel Bandung-Jakarta, gajinya cukup ok dengan libur yang lumayan banyak meski gak dapet cuti. Saat itu gw dikontrak 1 ½ tahun dengan tambahan 2 bulan training. Resmi sudah jadi anak kost dan pindah di bulan November 2008. Jarak kost ke sekolahan cukup deket, kalau jalan kaki ya kurang lebih 15 menit, kalau naik angkot bayar seribu perak aja. Owner dari sekolah ini adalah 3 bersaudara *Chinese Surabaya, yang paling gede sebut saja miss x adalah principal, mr y adalah direktur dan ms z adalah finance yang gak stand by setiap hari karena dia kerja juga di salah satu bank. First impression, mereka baik banget, sebagai seorang pemilik dan bos, mereka turut bekerja bantu kita-kita (admin, guru, cleaning service). Waktu pertama kali karyawannya kurang lebih ada 10an, admin 2 orang, guru per kelas beberapa orang, guru bahasa Inggris, guru bahasa mandarin dan si ibu yang kerjaannya bebersih alias cleaning lady.
Sebagai seorang admin sekolah yang juga front desk, ternyata kerjaan gw lebih diberatkan ke bagian promosi alias mengundang orang tua sebanyak-banyaknya untuk ikut trial (coba kelas gratis). Sebagai sekolah baru mereka cukup berani memberikan nominal gaji yang lumayan *waktu itu tahun 2008 dan gaji nya rata-rata > 2 juta, untuk guru bahasa malah karena lulusan luar negeri gajinya sampe 6 juta, dengan kondisi sekolah belum ada murid. In summary kerjaan admin adalah sebagai berikut:

  1. Mempromosikan sekolah dengan cara mengundang orang tua murid untuk trial atau coba kelas gratis, mem-follow up data base customer untuk mengenalkan sekolah dan promo.
  2. Memberikan layanan kepada customer dalam hal ini adalah orang tua murid dari mulai memberikan informasi, mendengarkan komplain saran dll.
  3. Melakukan administrasi pendaftaran sekolah mulai dari isi formulir, pembayaran, menyiapkan seragam buku dll, membuat laporan sederhana (diknas, inventaris, list murid dll)
  4. Melakukan inventaris sekolah mulai dari barang-barang, mainan, buku, seragam, stok pantry dan stationary mulai dari tissue, pulpen, bahan untuk membuat art&craft
  5. Cek keadaan sekolah seperti ac yang hidup padahal ruangan tidak dipakai, mainan yang rusak, tissue yang habis, kunci pintu kelas setelah dibersihkan dll (cleaning lady juga report kepada admin)
  6. Assist guru di kelas jika dibutuhkan bantuan terutama saat ada guru yang tidak masuk.

Kurang lebih kerjaan gw kaya gitu lebih ke marketing dan general affair, tugas admin-nya malah sedikit. Setahun pertama sih ok ya hehe, hubungan dengan guru, ortu dan bos lumayan ok lah meski pada bulan ke-4 akhirnya bos memutuskan admin jadi seorang saja hiks dengan bantuan miss x untuk follow up parents. Ya di sana gw belajar banyak, karena admin sendiri dan mereka strict banget soal laporan follow up costumer jadi gw rutin meeting bertiga sama ms x dan mr y untuk perkembangan bertambahnya murid haha malah kalau dipikir-pikir mereka detail banget, contoh: berapa banyak parents yang difollow up hari itu, bagaimana responnya, berapa yang mau trial, yang gak tertarik itu kenapa dan lain sebagainya. Kalau gak kerja di situ mungkin gw akan kaku menghadapi bos-bos berikutnya haha.

Dan setelah setahun berlalu itu, ya namanya kerjaan, ada ajaaa hehehe. Mulai keliatan deh minus nya tapi ya gw gak akan sebutkan di sini, kurang etis juga, lagian sudah berlalu. Mungkin yang bisa gw sampaikan, manajemen terlalu strict terutama sama guru-guru jadi gak bebas berekspresi apalagi untuk fasilitas juga dibatasi alias pelit bo hahaha. Ya selama gw kerja di sana yang resign cukup banyak, kalau missal manajemen bagus pasti bakal betah-betah karyawannya. Apalagi pas selesai kontrak dari 8 orang staf yang memutuskan gak lanjut kontrak 5 orang hehehe.

Kelebihan kerja di sana yaitu gaji yang lumayan dibanding temen-temen yang ternyata ada yang gajinya masih 1,5 juta padahal Jakarta gitu loh, libur yang banyakkkkk jadi kalau gak pakai kurikulum local jatah libur ada 4 kali yaitu, 1 minggu spring break di bulan maret, 2 minggu di taun ajaran baru bulan juni, 2 minggu libur lebaran dan 2 minggu libur natal, enak kan sementara gaji full pemirsa tapi ya tentunya kita gak dapet cuti dan untuk izin dengan alas an yang gak jelas, manajemen biasanya agak rese hehe karena ya mungkin udah dapet libur sekian banyak, jam kerja nya santai, masuk jam ½ 8 pulang jam 4 sore tapi emang lunch break gak bisa keluar kalau pun mau keluar juga harus izin dan gak boleh lebih dari setengah jam, kerjaannya juga gampang gak bikin stress kalau bosnya gak bikin stress apalagi kalau kita udah tau celah-celahnya buat ngatur waktu kerjaan dan waktu leha-leha.


Ya begitulah yang gw dapatkan saat gawe di gading, gw pernah dibikin nangis sama bos gw 2 kali karena ketidakadilan ahaha, seru-seruan ngejek bos sama office mates kalau dia gak ada, merdeka admin kalau anak-anak field trip karena gak ada siapa-siapa Cuma sama cleaning lady, bĂȘte nya semua orang kalau udah ada meeting semua dan lainnya. Ya kalau gak gitu mental cemen gw mungkin gak berkurang hehe. Sayang sekali sekarang sekolahnya sudah tutup after 5 years because of personal problem of owner, sebenarnya mereka bisa saja merekrut orang kepercayaan untuk menjalankan sekolah yet trust become their issue. I got lot of experience for almost 2 years there. Thank you.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...