Thursday, 21 January 2016

langkah 1 mencairkan JHT

Sudah terpikir dari beberapa tahun lalu utk mencairkan si JHT alias jaminan hari tua alias asuransi ketenagakerjaan dari bpjs aka jamsostek, pokoknya itu lah ya, kalau kamu kerja di perusahaan yang lumayan besar, maka perusahaan diwajibkan untuk menyertakan karyawannya untuk mengikuti jht itu.

Kenapa sih dicairkan? soalnya karyawan ikut bayar book, gw gak mau rugi lah ahaha. Gw baru diikutkan jht pas di bank of india, karena memang sblmnya kerja di perusahaan baru dan kecil juga waktu dulu perusahaan belum diwajibkan utk ikut jht, kemudian pindah ke coal trading di Jakarta yang menurut gw lumayan lah saldonya, meski masa kerjanya tidak terlalu lama.

Kemarin iseng ke BPJS tngkrj di Lodaya, karena dipikir mulai buka jam 8, ya gw kesana 1/2 8 an lah ya, betttt dah udah rame kaya pasar sampe si satpam udah galak, marah-marah karena gak pada antri yang bener.

Karena gak bawa KK asli jadilah gw nunggu CS aja liat saldo JHT udah berapa dan apa bisa dicairkan gak, pas iseng tanya yg pada nunggu, yang antri manual ada yg sampe nomor 55, bisa juga via online ternyata.

Udah cek saldo, hihi ternyata lumehong boo, saldo gabungan boi dan jawon, 4$$$$sekiann, yang BII kemarin 2$$$$sekiann, heuheu, pas banget kebeneran blush on abis dan sepertinya butuh lipenstip baru :D, jadi rencananya mau cair yg gede aja dulu, yang BII nanti lah mid year atau taun depan hihi. Karena ngantri gw coba e-klaim meski kemarin dok support nya ngasal haha dibales nya gini:

DOKUMEN YANG ANDA SUBMIT TIDAK SESUAI

wkwkwk

Jadi pertama siapkan dokumen asli dan fotocopy berikut:
1. KTP
2. Kartu JHT
3. Cover buku tabungan *bisa bank mana aja
4. Kartu Keluarga
5. Surat Ref Kerja aka paklaring *baru tau loh itu namanya

kalau mau daftar online ini link nya

https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim/

siapkan scan doc di atas, kemudian isi upload doc, tunggu email.

Pas ke bpjs nya ya jam 7 an kali ya, kalau mau lebih pagi juga bisa ahaha gelooo siga pasar pokona mah, bawa doc lengkap semua dan copy nya, pake folder plastik dan klip yang rapi kalau gak dimarahin satpamnya loh galak.

bersambung ya esok bagaimana kah proses pencairannya.
 

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...