Tuesday, 15 August 2017

Pengalaman Ops Katarak

Yg operasi Katarak cencunya ibu saya, beliau berusia 61 tahun. Katarak disebabkan oleh lensa keruh karena penuaan. Ibu saya worry bener deh hehehe, klo soal ini saya masih one step ahead haha sorry mom, karena memang alhamdulilah kita berlima sekeluarga adalah keluarga yg menghindari yg namanya rawat inap RS. Bapak pernah sih opname krn sesek tapi bukan jantung. Sy juga pernah dulu ada radang tapi memilih rawat jalan dan kmrn hanya ops caesar saja hehe.

Dan si ibu keukeuh,kenapa sih katarak? bisa gak sih selain operasi, heu.. krn katarak memang diakibatkan penuaan jadi gimana lagi.

Anyway operasi kali ini disponsori oleh BPJS, ngapain bayar gak dipake hehe. Karena kmrn udah check up di Cicendo yang antriannya segambreng dan memang udah bbrp kali gak enak di bagian mata maka langsung ke Cicendo. Kemudian lgsg diagnosa harus operasi katarak.

Untuk BPJS tentunya hal yg pertama dilakukan adalah datang ke klinik yg terdaftar dengan membawa:
Kartu BPJS
KTP
FC kedua kartu tersebut

Klinik yg kami pilih adalah klinik Aviati di Jl Kopo dan langsung mencurahkan hati bahwa kmrn kudu ops katarak. Akhirnya dirujuk ke Bandung Eye Center di Jl Sumatera.

Waktu itu ke klinik hari Selasa pagi (1/8/2017), karena saya sibuk heu *maap ya anak durhako, jadi baru ke BEC di hari jumat pagi (4/8) kemudian pemeriksaan pertama oleh dokter spe mata dan katanya udah mateng *da buah mangga. Oh iya utk ke BEC berkas yg harus dibawa adalah:

SURAT RUJUKAN
KARTU BPJS
KTP
KK
dan fotokopinya 2x

Ibu saya disarankan untuk kembali kontrol di hari Seninnya (7/8). Pas hari senin, pemeriksaan yg dilakukan adalah ukuran lensa yg akan ditanam di mata. Alhamdulilah tes darah dll nya normal.

Karena masih penasaran dan anak-anaknya riweuh haha, si ibu kontrol lagi ke dokter yg kebetulan tmn sd nya heuu, mau tanya, untuk operasi katarak menunggu berapa lama? apakah aman?

google

ya gpp karena memang prosedurnya seperti itu, kalau ada keluhan silahkan kontrol saja.

Hari Sabtu (12/8)  nya kembali kontrol dengan dokter yang akan operasi, krn hasil nya bagus dan dokternya minta langsung operasi jadilah langsung operasi and it was only 15 minutes.

Kalau tidak salah jika bayar sendiri tdk pakai asuransi, operasi katarak akan menghabiskan biaya sekitar 12 sd 20 juta rupiah mahal yaahhh book, perbedaannya adalah di dokter, makin lama jam terbang makin mahal hehe dan di lensa:

1. Lensa 1,5 juta lensa yg umum dipakai di BPJS juga, lensanya bagus sama saja, aman
2. Lensa 2 juta, anti silau lebih terang, jadi kalau ke pantai atau daerah yg terik tidak akan silau, cenahh nya
3. Lensa 3 juta, khusus lensa dengan riwayat penyakit dalam, kelainan darah, diabetes, kolestorel, asam urat, jeung sajabana.

Setelah operasi disarankan membeli kacamata anti badai haha, seharga 55 ribu dan akan kontrol 2-3 kali untuk melihat prgress lensa yg ditanam.

Link tentang Katarak https://id.wikipedia.org/wiki/Katarak
Begitulah infonya, nice to share.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...