Friday, 2 February 2018

TK SD ...

Tahun ini adalah anniversary saya yg ke 10 dengan si blogspot kesayangan ini ah kecup, semoga bisa terus ngoceh ngoceh sampe nenek nenek.. Anyway
Bosen yah tema nya ini lagi itu lagi, dan saya juga sebetulnya ingin share saja, semoga isinya tidak mencerminkan isi orang yg sok tau, so far info yg didapatkan juga mix ada yg survey langsung, info dari teman dan gugel search di inet.

Kalau jaman ibu saya ktnya cari sekolah tdk terlalu pusing, mereka pilih sd swasta plus karena kebetulan memang rekomendasi keluarga dan memang manfaat saya bersekolah di sd islam plus swasta sangat saya rasakan hingga detik ini *lebay, terutama saat pertama kali masuk smp negeri, saya mereas one step ahead, karena dulu tahun 1997, masih jarang sd yg mengajarkan bahasa inggris dan komputer, kalau kids jaman now mah dari balita udah disodorin tablet cas cis cus gegara you tube influence. Dulu emang msk SD swasta kemudian cess selanjutnya alhamdulil;ah bisa masuk negeri.

Maka dari itu saya pun ingin memilih sd swasta untuk Faya, tapi ya kalau untuk level Gagas, Mutbun hingga Al Irsyad gak sampe book hahaha, alhamdulilah dari 3 bulan faya udah rajin menabung. Kenapa sih eike bahas ini lagii, kmrn masih santey ya, ah anak gue masih PG kok wong baru 4 thn di Desember kmrn eh baru masuk lagi sekolah, TARA surat pemberitahuan utk lanjutan tahun ajaran baru 18/19, eh faya kudu bayar TK A yahh hahaha totally forgot, kelewat, untung msh ada tabungan di BOII dan passs banget.
Image result for masuk sd pusing
Kemudian saya berpikir, kalau faya jadi masuk sd di usia 6,5 th (*duh bu puti sangat perencanaan yah orangnya wkwkw*) berarti di Juli 2020 berarti lagi di akhir 2019 udah mulai daftar wkwkwk taun depan itu teh, haduh, kalau soal dana insyallah yah, alhamdulilah..
Nah pilihan sekolah mana kah, pusing nih, sepertinya demam pusing pilih sekolah dasar terutama semenjak booming kurikulum singapura diaplikasikan di negara kita tercinta sehingga kurikulum pun sangat maju dan memusingkan *hehehe* terutama tematik, menurut saya tematik itu bagus tapi tidak perlu dalam bentuk bacaan dan soal, secara oral lisan saja supaya anak mengerti ttg diri, lingkungan, sopan santun dll ah tapi kalau udah masuk kurikulum kita bisa apa *heu*
Anyway sejak 2 tahun lalu berkutat lagi di sekolah jadi lumayan nambah vocab SD di Bandung, krn sebelumnya paling saya tau bbrp preschool dan TK saja. Anyway inilah info yg saya dapatkan dan ketahui tapi kalau lebih jelasnya tolong lgsg saja hub sekolahnya yah:

* SD IT PLUS
Al Azhar
Lokasinya di JL Patuha (near palasari /burangrang/gatsu)
Saya sempat ty info biaya nya tahun kmrn, kurleb masuk 20an, spp 800an hmm memang utk SD IT itu mahall karena satu kelas juga muridnya tdk terlalu banyak yg berarti gurunya ada perhatian lebih dibanding guru SD negeri. Katanya kan Al Azhar gak usah ditanya lagi lah yah, cetakan murid-muridnya berprestasi tapi yg saya khawatirkan krn SD IT berarti gak cuma hapalan surat juz amma aja ky saya dulu tapi banyak lagi dan jujur aja gak tau apa *berhubung emaknya gak terlalu banyak ilmu agama nya* dan apakah anaknya nanti mampu utk mengikutinya, tmn saya ada yg menyekolahkan anaknya di sana, so far so good malah nilainya bagus krn emang anak cewe dan rajin juga, katanya sih konsep sekolahnya juga tdk menoton teori cukup bervariasi.

YG jd pertimbangan lainnya adalah, krn skrg sy ngajar di Malabar dan kalau nanti msh disana berarti jarak ke Al Azhar deket, bisa antar jemput juga lokasi nya tengah kota. Kalau soal budget masih masuk sih ya juga bbrp lulusan MUhajirin 50% lanjut ke AA juga ;)
Kalau utk fasilitas bangunan dll lumayan ok, memang gedung lama tapi cukup luas dan cukup memadai, kmrn gak sempet keliling sekolahnya tapi sempet lihat kelasnya, satu kelas itu 22-25 anak.

Pilihan lainnya Darul Hikam yg terletak di dago, tapi kejauhan yes dari koper, masuk jam 7 kebayang meren saya udah cus jam stgh 6 wkwkw, ini memang emaknya malas. Katanya utk hafalan agamanya tdk seberat AA tapi belum tau juga, biaya mah sama kurleb kudu ngantongin 20an.

Yg ketiga adalah Ar Raffi tapi belum sempet kesana, insyallah tahun ajaran baru ini, ada teman yg menyekolakan anaknya disini, suasana sekolahnya cukup kekeluargaan dan sedikit pungutan ini itu nya hehe tapiii dimana ini, di Sekejati aka Kircon, selain cukup jauh, daerah sana macet jadi belum terbayang kalau antar Faya kesana.

SD islam lainnya yg banyak rekomendasi cukup baik dr bbrp orang tua adalah:
SD Assalaam, lokasi OK di dekat kebon kalapa ITC, biaya juga menengah tapi dia dibagi dua bagian, reguler masih ada sekolah siang, duh hari gini yah dan yg eksklusif tapi lumayan spp nya udah sejutaan cuma ada teman justru sesi ngaji dll nya kurang di kelas eksklu ini.

SD Binekas di Bubat Regency, ini SD baru tapi PG dan TK nya sudah cukup lama, saya gak tau review sekolahnya yg pasti sih mahal juga hahaha.

SD Bina Talenta di Kembar Moh Toha, dulu sih tahun 2010 an SD ini cukup bersaing namun belakangan ada juga feedback negatif dari ortu, dan murid yg sekelasnya 12 anak kata saya kurang sosialisasi yah.

*SD Nasional Plus
Gagas Ceria
Hampir kebanyakan ortu di bdg tau bahwa sekolah ini keren banget *in spite of MUTBUN yah, selain konsep sekolah yg modern dan iovatif sesuai dengan taglinenya. JUga didukung dengan fasilitas gedung sekolah yg sangat memadai, modern minimalis dan setiap angkatannya kurleb hy menerima 50 anak utk 2 kelas dengan 4 org guru.
Berarti kalau gitu apa yah hehehe, mahall tapi memang belajarnya menyenangkan banyak praktek, kurlbe tahun kmrn masuk sekolahnya 30an SPP 1,5 juta

Sequoia
Sebetulnya saya naksir dgn SD ini, konsepnya modern, gedung fasilitas baru, masuk budget juga, ada kurikulum cambridge, lokasi di Jl Aceh Kebon Sirih tapi bukan SD Islam dan sebagai lulusan SD Islam saya cukup puas dengan benteng agama yg saya pelajari dulu.

Taruna Bakti
Nah SD ini juga sudah terkenal ya namanya, lokasi di JL Riau, biaya uang pangkal tahun kmrn kalau gak salah dari web search adalah kurleb 18 juta, tapi ya itu tadi bukan SD Islam meskipun fasilitasnya bagus loh, fasilitas bagus memang pasti ada harganya yg mahal tapi itu berarti sekolah mahal ada program fieldtrip, anak pun bisa puas belajar di luar sekolah, SD Negeri means tdk ada program fieldtrip kalau ada pun mungkin terbatas jadi kita sbg ortu harus keluar uang lagi misal ada FT ke Jendela ALam, kalau dari sekolah ada lumayan kan gak perlu kesana lagi di waktu wiken.

Kalau SD Negeri yg terkenal adalah
Karang Pawulang di bubat
Pelita juga di Bubat
Merdeka
Banjarsari

tapi saya blm ada rencana masuk negeri, selain khawatir soal bully bahasa dan perlakuan kasar juga soal maraknya pencabulan guru. Dulu juga udah ada guru laki-laki yg cunihin bahasa sundana mah geuning tapi masih sebatas gerak gerik aja, kalau skrg serem. Memang kalau SD Swasta "Mahal" juga pasti banyak bully terutama gegara anak-anaknya pakai tas sepatu barang branded atau krn mereka udah sering liburan ke LN.

Kalau Mutbun Kumcer atau Al Irsyad jangan ditanya ya selain lokasi di bdg utara dan padalarang, ini sekolah mahal pake banget, kalau banyak duitnya mungkin rapopo..
Jadi pilihan anda kemana?

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...