Piknik Gratis or Murah di Bandung

Post ini sebetulnya post yang standard karena semua orang sudah tahu ya tapi gpp ya saya mau ulas sedikit. Sebagai emak emak sayang anak namun irit dan pelit, marilah kita manfaatkan piknik yang murah meriah muntah tapi meski begitu juga saya mah jarang main-main karena apa:
1. Rumah Bdg selatan yang cenderung jauh kemamana
2. Hoream
3. Pengennya dianterin atau disetirin wkwkw maklum mental Nyonyah

Jadi sejauh ini faya baru berkunjung ke:

1. TAMAN LALU LINTAS
Edutainment yang sudah berdiri sejak puluhan taun ini selalu menjadi tempat favorit anak-anak di Bandung atau piknik keluarga meski anak-anaknya udah gede hehehe. Karena apa biaya masuknya hanya 6 ribu rupiah saja. Sudah bisa menikmati keindahan taman lalu lintas. 3 atau 4 tahun yang lalu taman ini masih taman jadul, seperti biasa dong mengalami restorasi yang cukup menyenangkan.

Enaknya tempat ini adem banyak pohon jadi meski cuaca bisa sampe 32' tapi kalau kesini kita bisa pilih spot yang banyak pohon. Selain itu anak-anak bisa main sih ada carrousel, kereta api yg mirip shinkansen, becak motor, dan lainnya. Tiket tambahannya rata2 5 ribu rupiah sih.

Kalau untuk makanan jujur gak pernah jajan di sana, ya standar sih makanan warung, indomie, nasgor, minuman, snack-snack. Biasanya saya isi amunisi dulu atau setelahnya baru pilih makan di luar. Oh iya bebas bawa makanan dari luar kok, boleh piknik atau botram wkwkw, bisa sewa samak juga.

2. KEBUN BINATANG BANDUNG
Faya baru sekali ke Bonbin tahun kemarin waktu libur lebaran kalau gak salah, karena kita bingung mau kemana dan faya belum pernah ya sudah lah ke bonbin saja. Jujur 5-6 tahun lalu kondisi bonbin sangat mengkhawatirkan sampai masuk berita krn banyak binatangnya yang kurus hingga meninggal dunia, memang sih dulu tiket masuknya kalau gak salah 10 rb atau brp ya jadi mungkin gak keurus. Padahal sayang sih lokasi nya mirip-mirip hutan tengah kota.

Setelah restorasi, kebonbin ini akhirnya ada improvement, saya setelah jutaan purnama gak menyentuh bonbin, kebetulan ada fieldtrip sama anak-anak, oh iya lumayan lah, banyak variasi hewan monyet dan burung2. Even tiketnya 40 rebu dan dapet main di playground juga naik perahu yahh agak mahal lah kalau dibanding TLL.

Harga tiket per Aug 2018 Rp 40.000
(dapat tiket untuk naik perahu)

Kebonbin Bandung
Jl Taman Sari deket ITB

3. BALAI KOTA BANDUNG
Sebetulnya di Balkot tidak ada tempat main kheuseus, cuma setelah direstorasi jaman walkot Kang Emil, suasana nya jadi menyenangkan. Karena tempatnya udah asri banyak pohon jadi kalau main ke sana ya adem, tambahan mainnya adalah:

Ayunan dan Serodotan
Labirin
Area hewan ada kelinci, ayam, burung
Kolam cemplung wkwk

Ide kang Emil soal kolam cemplung itu brilian karena buat anak-anak mah terutama balita ya, yg penting main air aja dan gak akan lama krn pasti either memang durasi buat anak gak bisa lama atau yg nunggunya males lama-lama wkwkw. Kalau masuk kolam meski ada bbrp kolam renang yang pasang tarif 10 rb tapi ini kan gratis cuy.

4. MUSEUM GEOLOGI
Sesuai dengan judulnya ya museum yang berhubungan dengan geologi, kita bisa lihat berbagai macam fosil mulai dari dinosaurus, orang, dll. Batu-batuan, sejarah geologi dan lumayan banyak. Tempat ini juga jadi tempat favorit karena memang di bandung hanya ada sedikit museum. Dan apa biaya masuknya hanya 3 ribu rupiah saja.

Cocoknya untuk anak minimal 4 atau 5 tahun kali ya sekedar pengenalan fosil dll dan wisata foto atuh hehehe, coba aja kesana.

5. CITARUM BBWS
Lagi-lagi jaman kang Emil walkot mah hampir semua taman direstorasi, nah ini juga deket ITB Sabuga tempatnya. Sebetulnya sih tdk terlalu banyak spot yang heboh-heboh amat cuma emang view nya lumayan bagus untuk wisata foto, lagi-lagi. Tapi disini kita bisa naik perahu dan mancing ikan. Gak bayar gratis hehe, bayar parkir sih kalau mobil 20 ribu gitu ya, kalau motor kayanya standar. Bagian dari sungai citarum ini jadi ciamik deh dibuat jembatan dan lain-lainnya.

Bisa lihat fotonya disini >> https://www.google.com/search?q=citarum+bbws&safe=strict&rlz=1C1CHBF_enID823ID823&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiGzc3G8fnhAhVL6nMBHT_dAqgQ_AUIDigB&biw=1366&bih=657

6. TAMAN REGOL
Nah ini taman deket sekolah si faya pepaya hehe. Dulu sih taman regol itu kalau gak salah dinas taman atau apa ya dan udah sangat usang banyak bangunan tdk terpakai karena luasnya juga lumayan panjag. Apalagi tempat ini terkenal deket pembuangan sampah Pasir Luyu. Voila diubah lagi oleh kang Emil, no sampah-sampah. Anak-anak murid Muhajirin tempat sekolah faya juga bisa olahraga kesitu deh hehehe. Taman regol ini nyambung ya hampir sepanjang jalan pasir luyu arah masuk Bypass dan Suryalaya Baru.

Di sini juga ada kolam cemplung macem balkot, ada perosotan dan ayunan dan jembatan cinta ala-ala, all is free. Katanya sih kalau malem minggu dan minggu pagi rameee, tapi krn saya kesana hari sekolah aja jadi gak pernah liat

7. ALUN ALUN KOTA BDG
Tau lah tempat ini mah, jaman kecil saya pernah tinggal di kota gini gini juga wkwkw, di Banceuy tepatnya deket pasar baru. Nah udah sering banget ke Alun-alun dan selalu solat di Mesjid Agung, suasana saat itu sangat menyenangkan. Bum jaman siapa ya lupa nama walikota hehe, pokoknya jadi buanyak tukang jualan, even jaman Pak Dada Rosada udah parah banget gak ada indah-indahnya tempat ini, tukang jualan semuaaa. Sempet dipagerin tapi tetep anehnya kok ada banyak roda-roda yg jualan, diangkutin kali yaa.

Kang Emil is our hero, diubah taman ini malah gak usah pake pager-pager segala, even tetep ya yg namanya jualan mah sok bandel, ada juga Bandros yg mangkal disini. Viewnya apalagi dari atas udah tau lah yah, diubah drastis pake rumput sintetisa jadi anak-anak bisa main bola ala-ala. Tapi tetep sih agak agak bau sama gatel gatel gitu kalau nyeker wkwkw.

Sekian nanti ditambah lagi ya kalau tempat lain aqyu belum pernah soalnya..

Comments